PEKANBARU - Pengamat ekonomi Riau, Edyanus Herman Halim meyakini sektor perekonomian akan meningkat jika memang program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah terbukti efektif.

Hal tersebut dikatakan akademisi asal Kuansing ini setelah melihat lesunya sektor perekonomian Riau yang memang babak belur akibat pandemi Covid-19 ini, dimana banyak usaha yang mengalami kesulitan berusaha.

"Sudah bisa dilihat terjadi penurunan ekonomi yang cukup signifikan, banyak masyarakat terganggu ekonominya karena adanya Covid ini, kecuali sektor pertanian," ujar Tokoh Masyarakat Kuansing ini, Rabu (13/1/2021).

Makanya, dengan adanya vaksin ini, Edyanus yakin pandemi akan bisa diatasi, sehingga perekonomian bisa bergerak kembali seperti apa yang diharapkan oleh semua pihak.

Lebih jauh, menurut Edyanus, sektor perekonomian yang akan mengalami pertumbuhan cepat setelah pandemi berakhir, adalah pariwisata dan restoran. Mengingat, dua sektor ini yang paling berdampak di masa pandemi.

"Kalau pandemi sudah berakhir, tempat rekreasi akan dibuka karena orang sudah dianggap tahan terhadap virus ini. Makanya, saya bilang dua sektor ini paling bertumbuh nanti," tuturnya.

Tak hanya itu, sektor perdagangan dalam negeri diyakini akan menggeliat, terutama pedagang-pedagang di kawasan sekolah yang selama ini tidak bisa berusaha karena sekolah dilakukan dengan sistem online.

"Sekolah akan kembali dibuka dan pedagang kecil di sekolah bisa berbisnis kembali, dan ini memang akan dirasakan oleh pedagang kecil-kecilan ini," tegasnya.

Terkait adanya isu-isu yang tidak benar soal vaksinasi ini, Edyanus mengajak supaya masyarakat bisa memberi kepercayaan kepada pemerintah karena vaksin ini sebelumnya sudah melewati berbagai tahapan ujicoba.

"Saya berpikirnya, lebih baik divaksin daripada tertular, itu vaksinnya kan sudah beberapa kali uji, yang paling utama adalah uji klinis laboratorium dan juga sudah diujicoba ke manusia, jadi percayakan ke BPOM, tak mungkin BPOM menipu dan mengorbankan nyawa orang banyak," tutupnya. ***