PEKANBARU - Menjelang bulan suci Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada Senin (6/5/2019), Komisi II DPRD Riau yang membidangi perekonomian menyoroti ketersediaan sembako dan daging di Bumi Lancang Kuning.

Sekretaris Komisi II DPRD Riau, Mansyur HS mengatakan, persoalan sembako dan daging memang cukup krusial. Pasalnya, setiap tahun menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, harga bahan pokok ini kerap naik hingga 100 persen.

"Memang persoalan sembako ini yang menjadi perhatian jelang bulan puasa. Karena Setiap tahunnya, harga dan stok yang dikhawatirkan," kata Mansyur di Pekanbaru, Senin (15/4/2019).

Untuk di Riau, politisi PKS ini menuturkan, stok sembako dan daging menjelang bulan puasa diperkirakan masih aman.

Ads
"Informasinya, pasokan daging dan sembako itu aman. Untuk Riau, ada daerah-daerah pemasok daging dari provinsi lain. Selain itu, saat ini juga kan Pak Jokowi menggalakkan impor daging beku," tambahnya.

Selain masalah stok, Mansyur juga menyoroti harga pangan yang kerap melambung tinggi menjelang bulan puasa. Untuk itu, ia meminta pihak terkait mengawasi harga dan ketersediaan sembako dan daging.

"Paling yang harus dijaga itu kestabilan harganya. Permainan harga inilah yang harus diawasi secara ketat, harus sering sidak," tuturnya lagi.

"Dengan koordinasi yang baik, insyaallah kenaikan harga yang melambung tinggi seperti tahun-tahun lalu itu tak terjadi," tandasnya. ***