PEKANBARU - Meski Musyawarah Wilayah (Muswil) PPP Riau belum ditentukan waktunya, namun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP se-Riau sudah mulai menjalin komunikasi terkait siapa yang akan memimpin DPW PPP Riau lima tahun mendatang.

Ketua DPC PPP Inhu, Suharto mengungkapkan, komunikasi yang dilakukan oleh pihaknya bertujuan untuk mempersiapkan sosok yang layak dimajukan pada Muswil mendatang.

"Iya, kita sudah ada komunikasi antar DPC se-Riau, kita kan mau mencari figur yang layak memimpin PPP Riau ini. Karena, kita melihat persaingan 2024 nanti akan sangat luar biasa, makanya kita harus mencari figus yang pas," ujarnya kepada GoRiau.com, Selasa (26/1/2021).

Ditanya kriteria seperti apa yang diinginkan DPC PPP, Suharto menyebut, sosok tersebut harus sosok yang memiliki popularitas di kalangan masyarakat, serta memiliki komitmen yang tinggi untuk membesarkan partai berlambang ka'bah ini.

"Ada beberapa orang, seperti Husaimi Hamidi, Afrizal Hidayat, atau Plt Ketua DPW PPP Riau Mursini, itu yang sepertinya memenuhi kriteria. Karena, kalau kita lihat sekarang, yang memenuhi syarat itu kan tidak banyak, entah nanti di Juklak ada hal lain," tambahnya.

Diakui Suharto, Husaimi merupakan sosok yang tepat memimpin DPW PPP Riau lima tahun mendatang, mengingat posisinya yang sangat strategis, yakni Ketua Fraksi Gabungan DPRD Riau sekaligus Ketua Komisi III DPRD Riau.

Selain itu, Husaimi juga merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PPP Riau, sekaligus Plt Ketua DPC PPP Rokan Hilir.

Ditambah lagi, Husaimi juga cukup aktif membesarkan partai, bahkan dia saat ini menghidupkan kembali Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Riau, serta terlibat aktif di beberapa organisasi lainnya.

"Kalau secara syarat, beliau saya rasa sudah sangat memenuhi, tapi kita kan masih belum tahu siapa yang akan maju nanti," tuturnya.

Disinggung apakah ada rencana untuk membuat skema aklamasi seperti di DPP, Suharto menilai hal itu bisa saja terjadi. Namun, menurutnya, baik aklamasi atau tidak, PPP Riau tetap akan solid kedepannya.

"Karena situasi PPP di Riau agak aman lah, saya rasa apapun hasil Muswil, tidak akan ada yang tersakiti. Pun, nanti orang-orang berpengaruh juga pasti akan dilibatkan ke dalam kepengurusan," tutupnya. ***