BENGKALIS- Setelah 9 hari berada di Kota Madinah atau merampungkan ibadah arbain (salat wajib lima waktu berjamaah sebanyak 40 kali), Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 10 Embarkasi Batam bertolak menuju kota suci Makkah Al Mukaromah, Selasa pagi waktu Arab Saudi (23/7/2019).

Ketua Kloter 10 Embarkasi Batam, Ibrahim melalui pesan whatups menerangkan, saat berangkat ke tanah suci Makkah, JCH diangkut menggunakan 10 armada bus. Selama dalam perjalanan, seluruh JCH sudah menggunakan pakaian ihram lengkap. Selanjutnya akan mengambil miqat di Bier Ali. Selama mengenakan pakaian ihram, JCH dilarang jimak atau hubungan intim, menggunting rambut, memotong kuku, membunuh hewan dan lainnya. Bila dilangar maka akan dikenai denda atau dam.

"Perjalanan diperkirakan memakan waktu lebih kurang 8 jam. Selama perjalanan seluruh JCH melantunkan talbiah," ucap Ibrahim.

Setibanya di Mekah, setelah menyelesaikan urusan kamar di pemondokan, JCH langsung mengerjakan tawaf, sai dan tahalul. Setelah tahalul jamaah sudah bisa melepaskan pakaian ihram.

"Kami di sini memohon doa dari keluarga dan masyarakat Bengkalis. Terlebih perjalanan dari Madinah menuju Mekah lumayan lama. Selain itu JCH harus mengerjakan umrah (tawaf dan sai), butuh tenaga tambahan," tutupnya.

21 JCH Menuju EHA

Dari tanah air, sebanyak 21 JCH asal Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 20, hari ini berangkat menuju Embarkasi Haji Antara (EHA) Pekanbaru.

Jamaah yang terdiri dari Kecamatan Bengkalis 8 orang, Bantan 5, Bukit Batu 2 dan Mandau 6 ini difasilitasi transportasi, akomodasi dan konsumsi selama pemberangkatan sama halnya seperti JCH Kloter 10.

"Alhamdulillah JCH Kloter 20, gabungan JCH kabupaten/kota se-Riau kecuali Meranti hari ini sudah berangkat menuju Pekanbaru. Insya Allah pukul 12.30 WIB akan sampai di EHA," tutur Kabag Kesra Setda Bengkalis, H Hambali yang turut mengantar.

Seperti Kloter 10, JCH asal 4 kecamatan ini juga dibagi dua kelompok perjalanan. Yakni JCH Mandau dari Duri, dan JCH Bengkalis, Bantan serta Bukit Batu dari Sungai Pakning.

Ke-21 JCH akan bergabung dengan jamaah Inhil 120 orang, Kuansing 57, Pelelawan 17, Rohil 37, Inhu 14, Pekanbaru 77, Kampar 3, Siak 65, Rohul 4 dan Dumai 30 jamaah.

"Insya Allah jamaah ini akan bertolak dari Pekanbaru ke Batam Subuh nanti dan dari Batam ke Jeddah pada pukul 10.10 WIB. Mudah-mudahan semua jamaah selalu dalam keadaan sehat selama menjalankan ibadah di Tanah Suci nanti," tutupnya.***