JAKARTA - Penjelasan Gojek tentang isu terkait Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender atau LGBT membuat warganet banyak yang tidak puas. Gojek merespons kabar postingan salah satu karyawannya yang mendukung LGBT di akun media sosialnya.

Dalam responsnya, Gojek menegaskan, mereka menjunjung tinggi keberagaman yang bisa menciptakan persatuan dan keharmonisan.

Selain itu, Gojek menegaskan, postingan dari karyawan mereka tidak mewakili sikap perusahaan. Postingan dari karyawan mereka adalah pendapat pribadi sang karyawan. 

"Gojek selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dan budaya Indonesia," demikian bagian postingan Gojek di akun Twitter, dikutip Sabtu 12 Oktober 2018. 

Ternyata, respons resmi Gojek itu membuat warganet bingung. Sebenarnya, Gojek mendukung LGBT atau tidak. 

Meski menegaskan postingan karyawan mereka adalah pendapat pribadi, namun pada postingan karyawan itu tertulis di Gojek ada lebih dari 30 karyawan terafiliasi dengan LGBT. Warganet menduga memang secara institusi ada potensi dukungan ke LGBT. 

"Post IG yang sudah dihapus tersebut, masih ada jejaknya loh. Dan tertulis paling tidak 30+ employees and allies. Kalaupun itu event internal, dan pendapat salah satu karyawan saja, bagaimana bisa organisasi seperti Indonesia F e m i n i s awalnya membuat post tersebut?" tulis salah satu pengguna Twitter di kolom komentar. 

Pengguna Twitter lainnya malah langsung meminta Gojek untuk lebih tegas bersikap. "Tolong tegas aja, jek. Dukung LGBT, iya atau tidak?" tulis akun Twitter @irhamblue.

Gara-gara postingan karyawan yang bernada dukungan ke LGBT itu, kemarin di Facebook ramai muncul ajakan memboikot Gojek dengan tagar #uninstallgojek.

Bahkan dari penelusuran GoNews.co di kawasan Jakarta Selatan, beberapa Driver Gojek juga ikutan bingung. "Bingung jawaban perusahaan ngambang begitu," ujar Sadli salah satu Driver Gojek yang mangkal di kawasan Fatmawati, Minggu (14/10/2018).

Ada juga yang mengungkapkan efek sepi dari aksi tagar tersebut. "Sejak Jumat sampai hari ini sepi mas, saya juga bingung kenapa, yang stabil paling Gofood," ujar Driver lainnya. ***