PEKANBARU – Karena terkendala jaringan pipa ke wilayah Pekanbaru Timur atau Jalan Hangtuah dan sekitarnya, Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak akhir memperbolehkan pelanggan untuk mengajukan pemutusan langganan sementara.

''Tekanan air dari lokasi pengolahan di area Jalan Kayu Mas, Tampan tidak bisa mencapai Pekanbaru Timur karena tekanan pompa hanya 2,6 bar, jadi sulit untuk mencapai daerah tersebut. Agar pelanggan tidak rugi, kami izinkan pengajuan pemutusan sementara,'' ujar Direktur Utama Perumda Tirta Siak, Agung Anugrah, Jumat (14/10/2022).

Dijelaskan, saat ini tekanan pompa hanya 2,6 bar padahal idealnya untuk mencapai ujung jaringan harus 6 bar.

''Kami pernah menaikan tekanan pipa hingga 3 bar, secara bersamaan ada 6 titik pipa jalur distribusi utama pecah karena pipa yang sekarang terpasang merupakan pipa tahun 1974," jelasnya.

Keputusan kebijakan sementara itu diambil agar pelanggan yang tidak mendapatkan air, tidak perlu membayar biaya minimal pemakaian yang sebelumnya dikenakan, serta biaya pemeliharaan meter setiap bulannya.

Sementara itu, Manager IT Development Perumdam Tirta Siak Alfaroza menjelaskan, terkait mekanisme untuk pemutusan sementara ada dua cara yakni pelanggan langsung mengajukan kepada front liner atau rekomendasi dari petugas.

"Ada dua cara, yang pertama pelanggan datang untuk mengajukan pemutusan sementara dengan mengisi formulir atau ada laporan dari petugas bahwa daerah ini sudah tidak mendapatkan air selama berbulan-bulan, baik di area Pekanbaru Timur ataupun beberapa daerah lainnya, untuk pemutusan ini tidak dipungut biaya apapun hanya saja nanti akan diverifikasi oleh petugas kami, apakah ini benar terdampak dengan jaringan yang belum memadai atau tidak," tutupnya. ***