PEKANBARU – Kota Pekanbaru memiliki banyak lokasi wisata yang bisa menjadi tujuan bagi warga, saat hendak 'mengusir' rasa penat setelah lelah beraktivitas ataupun bekerja. Meskipun tidak ada destinasi wisata alam, Kota Pekanbaru memiliki puluhan destinasi wisata kreatif, sejarah dan budaya, serta kuliner.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Masriya mengatakan setidaknya ada 35 lokasi destinasi wisata kreatif. Destinasi wisata ini paling banyak di Pekanbaru dan sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, sahabat, rekan, ataupun quality time diri sendiri.

"Kita punya banyak wisata kreatif karena wisata alam kita tidak ada. Tapi kita ada Asia Heritage, Asia Farm, Alam Mayang, ada wisata pelangi, Grand Canyon Pekanbaru dan sebagainya," ujarnya, Selasa (27/9/2022).

"Lokasi-lokasi itu cocok untuk liburan yang santai, ketenangan alam di Alam Mayang, tempat Instagramable untuk selca atau swafoto, ada juga area bermain anak-anak, ada wisata kebun di Agrowisata," jelasnya.

Selain wisata kreatif, Kota Pekanbaru juga menyuguhkan wisata sejarah dan budaya. Ia mengatakan, yang paling terkenal diantaranya Rumah Tuan Kadi, di Tepi Sungai Siak, Kecamatan Senapelan.

"Dekat dari lokasi itu juga ada Makam Marhum Pekan (tokoh pendiri Kota Pekanbaru, red), Tugu Nol, museum dan lainnya," jelasnya.

Selain itu, Kota Pekanbaru juga memiliki berbagai kuliner. Salah satunya yang telah termasuk dalam Anugerah Pesona Indonesia adalah Kue Talam Durian.

"Selain itu ada banyak juga lokasi kuliner di Pekanbaru, baik kuliner tradisional dan modern. Kita juga punya fasilitas 57 hotel berbintang, wisma dan homestay, mall, restoran juga ada berbagai ballroom untuk kegiatan," jelasnya.

Menurutnya, Kota Pekanbaru jug sedang fokus pada pengembangan wisata MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition). Dimana, dengan berbagai fasilitas hotel, ball room dan sebagainya, Kota Pekanbaru dapat menjadi pilihan lokasi untuk penyelenggaraan kegiatan, rapat dan acara lainnya.

Oleh sebab itu, ia meminta agar warga lokal juga tidak buru-buru memilih daerah di luar kota saat ingin berlibur.

"Kita mengimbau kepada generasi muda agar mengenal Kota Pekanbaru, apa saja lokasi wisata yang ada dan bagaimana sejarahnya, kepada generasi muda. Kita MoU bersama universitas-universitas, sekolah dan TK, untuk sosialisasi ini," pungkasnya. ***