SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak menjalin kerjasama dengan Universitas Riau guna mengakomodir anak dari keluarga kurang mampu mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Saya ingin anak-anak Siak menjadi orang yang berhasil, tentunya dengan modal pendidikan yang diperolehnya. Untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu tidak perlu berkecil hati, kalian bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, dengan syarat kalian harus menjadi anak yang berprestasi," kata Bupati Siak, Alfedri kepada GoRiau.com, Minggu (23/5/2021).

Saat ini Pemkab Siak sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi. Seperti yang dilakukan dengan Universitas Riau dalam penyelenggaraan beasiswa unggulan bagi warga Siak, terutama masyarakat kurang mampu.

"Kemarin di ruang kerja Rektor Universitas Riau saya didampingi Asisten I Setda Kabupaten Siak Budhi Yuwono dan Sekretaris Dinas Pendidikan Mahadar, melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Aras Mulyadi. Ini program untuk masyarakat miskin agar dapat memperoleh pendidikan sarjana melalui beasiswa unggulan. Untuk itu kami sangat berharap pak rektor berkenan membantu merealisasikan program ini," harap Alfedri.

Pihaknya telah melakukan persiapkan seperti pendataan di 7 dari 14 Kecamatan yang ada, dan akan terus melakukan maping di seluruh kecamatan.

Menanggapi keinginan orang nomor satu di Siak itu, Rektor Unri Aras Mulyadi menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang telah mempercayakan Unri sebagai salah satu tempat bagi masyarakat Kabupaten Siak menempuh jenjang pendidikan sarjana melalui program beasiswa unggulan.

"Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak bupati beserta jajaran, yang telah mempercayakan kami menjadi salah satu mitra program unggulan Pemkab Siak," ucapnya.

Ia kemudian menyampaikan bahwa pada dasarnya pihaknya sangat mendukung program Pemkab Siak untuk meningkatkan SDM masyarakatnya oleh karena itu hal tersebut perlu dibicarakan lebih lanjut terkait jumlah kuota dan berbagai jurusan Prodi yang dipilih.

Usai pertemuan, Asisten I Setda Kabupaten Siak Budhi Yuwono menambahkan, di Unri ini ada 4 jurusan yang diharapkan bisa bekerjasama yaitu Akuntansi, Teknik Sipil, Kedokteran dan Sastra Inggris. "Untuk kuota kedokteran ini terbatas, tapi alhamdulillah untuk anak-anak Siak, kuotanya masih ada," ujarnya. ***