JAKARTA - Nurul, istri Caleg DPRD Kota Probolinggo dari PDIP bernama Mochamad Bebun, kedapatan bagi-bagi uang kepada sejumlah warga di Perumahan Prasaja Mulya, Kelurahan/Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo.

Perempuan yang juga ASN di Diskoperindag Kota Probolinggo itu membagikan uang nominal Rp 100.000-200.000, yang dimasukkan ke dalam amplop, kepada setiap warga.

Sutanto (53), warga Perumahan Prasaja Mulya, mengatakan sempat memergoki Nurul saat sedang membagikan amplop berisikan uang kepada sejumlah warga yang ada di Perumahan Prasaja Mulya.

"Saya sedang mengambil jahitan di penjahit yang tak jauh dari rumah saya. Kemudian saya melihat langsung Nurul yang merupakan istri dari Bebun, salah satu Caleg DPRD Kota Probolinggo Dapil 2, sedang membagikan uang, lalu saya tangkap dan buktinya saya serahkan ke Bawaslu," katanya saat di Kantor Bawaslu, Sabtu siang (13/4/2019).

Ads
Sutanto juga menuturkan bahwa perempuan warga Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, itu membawa uang sebesar Rp 1,9 juta di dalam tasnya.

"Ya uangnya sejumlah Rp 1,9 juta, di dalam tas yang sebagian sudah diamplop ada yang berisikan Rp 200 dan 100 ribu rupiah per amplop," jelasnya.

Sementara itu, Ilmiyah, Divisi OSDM Bawaslu Kota Probolinggo, memastikan kebenaran dugaan money politic yang dilakukan salah satu caleg itu.

"Ya ini sudah dapat dipastikan money politic karena sejumlah bukti sudah jelas dan sudah dapat diproses. Untuk tindak lanjutnya kami masih mengumpulkan sejumlah saksi, untuk sanksi pasti sudah, namun kami perlu saksi dan segera memproses temuan ini," tandasnya.***