PEKANBARU - Helat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 12 Kabupaten dan Kota di Riau dan Pilkada Gubernur Riau sebentar lagi akan dimulai. DPD PDIP Riau mengaku memiliki banyak kader yang layak jual untuk bisa meraih kemenangan di Pilkada tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris DPD PDIP Riau Kaderismanto kepada GoRiau.com, Jumat (29/3/2024). "Kalau untuk Pilkada Gubernur Riau PDIP memiliki kader terbaik seperti H Zukri yang saat ini menjabat ketua DPD PDIP Riau yang juga Bupati Pelalawan, lalu ada Buk Kasmarni yang merupakan kader PDIP yang saat ini menjabat Bupati Bengkalis," jelas Kade.

Namun, kata Kade, meskipun desakan dari kader partai sangat kuat agar Zukri maju di Pilgub Riau, tetapi hingga kini Zukri belum menyatakan ikut bertarung di Pilgub Riau. "Begitu juga dengan Ibuk Kasmarni juga belum menyatakan siap bertarung di Pilkada Gubernur Riau " ucap Kade.

Jika memang dua kader terbaik tersebut tidak maju, jelas Kade, PDIP akan mencari figur lainnya untuk diusung di Pilgub Riau melalui penjaringan yang akan dibuka dalam pekan ini. ''Termasuk mencari figur untuk Pilkada di 12 Kabupaten dan Kota di Riau," ujarnya.

Dari 12 Kabupaten dan Kota yang menggelar Pilkada tersebut kata kade yang menjadi prioritas mengusung kader sendiri ada di beberapa wilayah seperti Pilkada Pelalawan DPD PDIP akan mengusung Zukri. ''Kalau Zukri tidak maju di Pilgub Riau, sangat prioritas bagi PDIP mengusungnya di Pilkada Pelalawan," terangnya.

Kemudian lanjutnya di Pilkada Bengkalis, sangat prioritas bagi PDIP mengusung Kasmarni jika Kasmarni tidak berniat maju di Pilgub Riau. Untuk wilayah lainnya yang menjadi prioritas kader PDIP maju di Pilkada, di Rohil, kader yang berniat maju ada Suyadi yang kini menjabat anggota DPRD Riau, kemudian Rohul ada beberapa kader PDIP yang layak diusung seperti Syafaruddin Poti, Indra Gunawan, ketua DPC PDIP Rohul, Ardi Candra di Kuansing ada H Halim yang merupakan ketua DPC PDIP Kuansing.

"Untuk wilayah lainnya tentu akan kita sesuaikan dengan pemetaan-pemetaan kita, target kita di Pikada serentak 12 Kabupaten dan Kota nantinya kita menang di atas 50 persen, termasuk Pilgub Riau juga menjadi target kemenangan kita," tutupnya. ***