PEKANBARU – BMKG merilis data prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Minggu (11/12/2022). Hujan dengan intensitas ringan hingga berat dan dapat disertai petir serta angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau.

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna.

Pagi hari, dikatakan dia, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kota Dumai.

"Siang hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan. Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau," ujarnya pula.

Diungkapkan dia, dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kuantan Singingi dan Kota Pekanbaru.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ungkapnya.

Dijelaskan dia, bahwa kondisi itu berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu. Lalu, Pelalawan, Siak, Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai pada pagi, sore atau malam hari.

Lebih lanjut dikatakan dia, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut - Utara dengan kecepatan 10 - 50 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandas Yasir Prayuna. ***