PEKANBARU - Masyarakat dihebohkan dengan tarif parkir kendaraan di lokasi acara Gerhana Matahari Cincin (GMC), yang dipusatkan di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang nilainya fantastis.

Informasi yang diterima GoRiau.com, untuk membayar tarif parkir kendaraan jenis mobil senilai Rp50.000, sedangkan parkir sepeda motor Rp5.000. Bahkan ada tarif parkir untuk mobil yang menginap senilai Rp140.000.

Bahkan, beredar karcis parkir yang menerangkan ketiga hal tersebut dengan kertas warna kuning berlogo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak. Sontak, karcis parkir ini mendapatkan respon negatif dari sejumlah masyarakat yang mendapatkan informasi tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Siak, Wan Syaiful saat dihubungi GoRiau.com, membantah adanya karcis parkir warna kuning dengan logo Pemkab Siak tersebut.

"Kita sudah koordinasi dengan Pak Camat Sungai Apit, tidak ada karcis parkir dengan nilai tersebut," kata Wan Syaiful, Rabu (25/12/2019).

Sementara itu Camat Sungai Apit, Wahyudi saat dikonfirmasi GoRiau.com, membantah adanya tarif parkir mobil yang mencapai Rp50.000 tersebut. Bahkan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan dinas perhubungan untuk penetapan harga parkir.

"Yang sudah kita putuskan, tarif parkir mobil itu Rp10.000 dan sepeda motor Rp5.000. Tidak ada parkir menginap yang jumlahnya mencapai Rp140.000 untuk mobil," ungkap Wahyudi.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Siak, Arief Fadilah saat dikonfirmasi GoRiau.com, juga membantah adanya tarif parkir tersebut. Bahkan pihaknya sedang menelusuri siapa oknum yang berani membuat karcis parkir menggunakan logo Pemkab Siak tersebut.

"Itu perbuatan oknum yang tak bertanggungjawab. Kita sudah lakukan penelusuran melibatkan kepolisian mencari oknum tersebut. Dengan adanya karcis parkir yang tak wajar ini tentunya membebankan masyarakat," ujar Arief.

Perjalanan dari Kota Pekanbaru ke lokasi Gerhana Matahari Cincin di Kampung Bunsur membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit dan jarak sekitar 140 kilometer. Sementara dari Kota Siak menuju Kampung Bunsur membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan jarak sekitar 40 kilometer. ***