SELATPANJANG - Terkait kerusakan Jalan Diponegoro oleh mobil crane yang mengangkut mesin tujuan PLN Selatpanjang, Komisi II memanggil hearing pihak terkait. Dari hearing itu, ada 6 poin rekomendasi yang dikeluarkan Komisi II DPRD Kepulauan Meranti.

Pantauan GoRiau, hadir saat hearing tersebut Pimpinan Komisi II Darwin, Sekretaris Lindawati, anggota Dedi Putra SHI yang juga Ketua Fraksi PPP, Taufiek, Darsini, Nanak, Tartib, dan Asmawi. Hadir juga Kadis PU Hariadi, Sabri, dan Syamsul. Kadishub DR Aready Kabid Darat Tulus Smith dan staff, Kepala PLN Annas Yasin Ilmianto, dan perwakilan vendor PT CKB.

Rapat itu lumayan lama. Setidaknya lebih 2 jam wakil rakyat menggelar hearing dan mendengarkan pemaparan dari masing-masing pihak.

Setelah mendengar pemaparan dari pihak PLN, pihak vendor dan tanggapan dari Dinas PU serta Dishub, wakil rakyat mengeluarkan 6 rekomendasi. Rekomendasi itu dibacakan Dedi Putra SHI di akhir-akhir rapat.

Adapaun 6 poin rekomendasi Rapat Komisi II dengan Dinas Perhubungan, PU, PLN dan kontraktor pelaksana adalah sebagai berikut;

1. Harus ada jaminan dari PLN bahwa pengadaan mesin listrik  dapat selesai pada tahun ini.

2. Kendaraan /mobil crane yang mengalami masalah harus dapat dievaluasi secepatnya sehingga lalu lintas kembali berjalan dengan baik. Dari Vendor PT Cipta Krida Bahari (CKB) mengusahakan 1 x 24 Jam sudah terealisasi (terangkat) sejak hearing.

3. Harus ada koordinasi antara pihak-pihak yang melakukan pekerjaan dengan pihak pemerintah daerah yang memberikan rekomendasi. Serta pihak-pihak lainnya yang mempunyai kompetensi dan tanggungjawab. Teknis penentuan koordinasi di bawah Dinas Perhubungan (Dishub).

4. Sebelum melakukan kegiatan harus ada pemberitahuan resmi kepada masyarakat dan pemerintah terkait rute yang akan dilalui. Sehingga aktivitas pengangkutan material tidak menggangu aktivitas warga. Koordinasi antara Perhubungan, PU dan kontraktor perlu dilaksanakan.

5. Setelah pekerjaan selesai, jalan yang rusak harus diperbaiki. Sebelumnya terlebih dahulu harus dilakukan penghitungan sesuai ketentuan yang ada.

6. Merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan investigasi terhadap masalah ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya permasalahan serupa di masa mendatang.

Rekomendasi ini dapat diterima oleh semua pihak. Pihak vendor mengaku siap memperbaiki jalan protokol Kepulauan Meranti yang rusak akibat aktivitas pengangkutan material mesin.

Mesin itu, menurut Kepala PLN Selatpanjang Annas Yasin Ilmianto, datang dari PLN Pusat. 5 unit mesin yang didatangkan dari pusat itu berdaya 5 MW untuk memaksimalkan kelistrikan di Kota Sagu. ***