TEMBILAHAN - Hasil rapid test di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau pada Selasa (12/5/2020) telah dikeluarkan. Hasil empat orang dinyatakan reaktif.

Plt Kelapa Dinas PMD Inhil, Budi N Pamungkas Rabu (13/5/2020) mengatakan, saat ini mereka sudah ditangani oleh petugas medis. ''Ada empat yang reaktif dan sudah ditangani atau ditindaklanjuti. Namun surat (resmi) belum ya," kata Budi N Pamungkas.

Budi menuturkan bahwa empat yang reaktif tersebut terdiri dari dua Aparatur Negeri Sipil (ASN), satu fasilitator Kabupaten DMIJ Plus Terintegrasi (PT) dan Satu Operator DMIJ PT.

Pria yang akrab disapa Budi ini menuturkan meski reaktif, namun belum tentu itu positif virus corona atau COVID-19.

"Hasil rapid test yang reaktif belum tentu membuktikan bahwa individu tersebut positif COVID-19. Sehingga tidak perlu panik namun tetap waspada dan segera lakukan langkah protokol kesehatan terhadap individu tersebut," katanya.

Oleh karena itu, masyarakat perlu menyadari penyakit tersebut bukanlah sebuah aib sehingga mengakibatkan pengucilan terhadap seseorang maupun keluarganya yang mengalami musibah tersebut.

Budi juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, tidak keluar rumah jika tidak penting, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan.

Untuk diketahui, sebanyak 72 ASN, fasilitator Kabupaten DMIJ Plus Terintegrasi (PT) dan Operator DMIJ PT melakukan rapid test. ***