PEKANBARU - Dari hasil Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) Keluarga Karyawan Melayu Riau-Kepri (KEMARI) Chevron, yang dilaksanakan, Sabtu (2/3/2019) di Pekanbaru, menetapkan Trimandiaz Tamrin ST MT sebagai Ketua Umum KEMARI Chevron masa khidmat 2019-2022.

Penetapan tersebut dihasilkan dalam mubeslub, dari masukan dan pandangan dari 13 kelompok kerja KEMARI Chevron, kata Ketua Pelaksana Mubeslub KEMARI Chevron, Robi Junipa kepada GoRiau.com.

"Untuk Sekertaris Jenderal KEMARI Chevron Tameng Nabaga ST MSi dan Bendahara Umum Tengku Fahtur Reza ST. Kedua orang ini nantinya yang mendampingi Trimandiaz dalam melaksakan tugas memangku amanah sebagai Ketua Umum," kata Robi.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya tahapan pemilihan sistem paket, sambung robi. Dimana dalam format pendaftaran diajukan nama calon ketua umum, sekretaris jenderal dan bendahara umum mendaftarkan dalam satu paket.

"Paket yang diajukan sebagaimana yang diatur dalam tatib (tata tertib) mesti merangkul dua wilayah Chevron Utara dan Selatan sehingga mengakomodir kepentingan wilayah," ungkap Robi.

Demi menjalin dan dalam rangka membangun unity dan sustainability organisasi kedepan, lanjut Robi, untuk saat ini tim 18 yang merupakan panitia mubeslub memutuskan pemilihan calon dengan sistem paket demi mewujudkan distributed empowerment dalam organisasi KEMARI.

"Sehingga menghindari disparitas, polarisasi dan hegemoni antar wilayah," ujar Robi.

Pemilihan kali ini sangat menarik dan berbeda, lebih profesional, demokrasi dan transparan, diungkapkan Ketua Divisi Pemilihan dan seleksi, Faisal Marawi. Hingga pemilihan akhir pendaftaran Jumat ,1 Maret 2019 jam 16:00 WIB, paket pemilihan yang telah mendaftar hanya satu paket

"Meskipun hanya 1 paket, kita tetap melakukan tahapan lanjutan secara profesional. Ini sebagai bentuk transparansi dan meminta anggota untuk menyampaikan tanggapan setuju atau tidaknya, dengan memberikan alasan apa yang menjadi masukan buat paket tersebut," kata Faisal.

Mantan Ketua Umum KEMARI Chevron, H Safaat SE MBA mengatakan, ada ratusan anggota KEMARI yang bekerja di lingkungan PT Chevron Pacific Indonesia. Dengan posisi dan jabatan yang sangat profesional. Anggota yang profesional dan dinamika yang kompleks, menuntut KEMARI untuk menjadikan diri untuk berdiri tegak menghadapi peluang yang ada.

"KEMARI dan pengurus memahami, bahwa kita harus bersama membangun kebersamaan dan melakukan transformasi demi kepentingan bersama untuk menghadapi Rokan 2021. Kami selaku pangurus lama dan atas nama mantan ketua umum saya mengapresiasi rekan panitia yangbtelah menyusun langkah-langkah yang sangat profesional," ungkap Safaat.

Mubeslub KEMARI Chevron juga dihadiri pengurus, penasehat, pendiri dan anggota. Pendiri KEMARI Chevron, Sudirman Manaf menyampaikan, perlunya memupuk persaudaraan dengan mementingkan persatuan dan kesatuan.

"KEMARI dibentuk tanggal 28 Oktober tahun 1998, filosofi pendiri ketika itu Melayu bangkit dan bersatu," kata Sudirman.

Begitu halnya dengan Penasehat KEMARI Chevron Sukamto Tamrin yang mengapresiasi panitia. Karena acara berjalan aman, lancar dan kondusif.

"Apalagi mereka bersama bahu membahu dengan tempo yang singkat membentuk tatanan cara yang elegan dan bermarwah untuk mempersatukan kekuatan kemelayuan demi persatuan dan kesatuan," ungkap Sukamto.

Selaku Ketua Umum KEMARI Chevron, Trimandiaz Tamrin mengatakan kepada GoRiau.com, anggota KEMARI merupakan aset sumber daya manusia yang telah memberikan kontribusi yang kepada kemajuan Riau. Sudah seharusnya sebagai aset yang profesional memberikan kontribusi pemikiran, ide, kemampuan sosial dan nilai-nilai strategis lainnya kepada Provinsi Riau.

"Alhamdulillah amanah ini diberikan kepada kami dan mulai hari ini dengan semangat kemelayuan kami akan mewakafkan diri untuk menjadikan pengurus yang kredibel, accountable dan memberikan kontribusi kepada anggota KEMARI dalam semangat Rokan 2021," kata Trimandiaz.

Diakhir pembicaraan, Trimandiaz menyampaikan, bahwa organisasi yang besar hadir dalam ketulusan dan niat bekerja oleh anggotanya.

"Semua akan indah, saat semua ikhlas berjuang guna membangun kebersamaan untuk semangat Rokan 2021. Selamat dan sukses pengurus baru," jelas Trimandiaz. ***