PEKANBARU - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Pekanbaru secara resmi melepas sejumlah kadernya untuk turut serta membantu pemerintah dalam melakukan penanganan terhadap wabah Covid-19.

Pantauan GoRiau.com, sejumlah kader loreng hitam ini dilepaskan oleh Kapolresta Pekanbaru yang diwakilkan oleh Wakapolresta Pekanbaru, Henky Poerwanto dan Kepala BPBD Kota Pekanbaru yang diwakilkan di Kantor MPC PP Kota Pekanbaru, Jalan Kereta Api Pekanbaru, Jumat (10/9/2021).

Dalam pelepasan ini, PP setidaknya menurunkan sekitar 22 orang anggotanya sebagai relawan TaskForce Kemanusiaan PPKM Covid-19 yang diberi nama Gugur Tugas Cabang (GTC). Kader PP ini nantinya akan bekerja di berbagai bidang.

Ketua MPC PP Kota Pekanbaru, Iwan Pansa, mengatakan, tim ini sebelumnya sudah dibekali dengan pengetahuan tentang kebijakan PPKM, melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dipimpin langsung oleh Gugus Tugas Nasional Pemuda Pancasila.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Indika Foundation dan BNPB. Selain mensosialisasikan program vaksinasi, relawan ini akan melakukan penyemprotan disenfektan outdoor dan indoor di tempat umum.

"Kita juga membagi paket sembako, kepada masyarakat, menyemprot tempat umum seperti sekolah-sekolah dan lainnya," kata Iwan.

Sementara itu, Sekretaris MPC PP yang ditunjuk sebagai ketua pelaksana, Suhermanto, mengatakan, mengingat saat ini PPKM Kota Pekanbaru sudah di level III, pihaknya akan memfokuskan penyemprotan di sekolah tingkat SMP.

Tim ini, lanjutnya, akan bekerja selama dua minggu dan MPC sudah mempersiapkan dua mobil untuk mendukung pelaksanaan, yaitu satu unit Avanza dan satu unit mobil double cabin.

"Kita juga buka donasi untuk membantu masyarakat. Kalau target kita 1500 paket sembako yang akan dibagikan, sasaran kita adalah orang yang terdampak Covid-19 ini," terangnya.

Wakapolresta Pekanbaru, Henky Poerwanto, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh MPC PP Kota Pekanbaru ini, sebab untuk menghadapi pandemi Covid-19 memang diperlukan kerjasama semua elemen

"Sekarang saya lihat semua sudah lengkap, terutama dalam Alat Pelindung Diri (APD), jadi saya ucapkan selamat bertugas," katanya sambil memasangkan kartu nama kepada salah seorang anggota tim GTC. ***