PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melaksanakan pemotongan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H, berupa 29 ekor sapi. Pemotongan ini dilakukan di halaman Masjid Nurussalim dikomplek perkantoran Walikota Pekanbaru, Jalan Sudirman, Selasa, (13/8/2019).

"Alhamdulillah saya mewakili Pak Walikota, mengapresiasi peserta kurban dilingkungan Pemko Pekanbaru. Semoga kurban kita ini bermanfaat bagi masyarakat lain, dan bermakna bagi kita, serta kedepannya kurban kita bisa terus bertambah," ujar Sekretaris Daerah Pemko Pekanbaru M Noer MBS saat membuka acara tersebut.

Sementara itu, Kabag Kesra Sarbaini mengatakan semula angka hewan kurban yang ada hanya 26 ekor sapi. Tetapi jumlah tersebut bertambah menjadi 29 sebelum pendaftaran akhir tanggal 9 Agustus lalu.

Kemudian, dari 29 ekor sapi yang dikurbankan ini, enam ekor diantaranya diberikan untuk daerah pinggiran, dikarenakan jumlah hewan kurban diwilahaj tersebut kurang sedangkan masyarakat nya banyak.

Ads
"Di daerah Sungai Ukai, Geringging kita berikan dua ekor sapi ditempat yang berbeda, Kelurahan Sungai Sibam Payung sekaki satu ekor sapi, dua ekor untuk Kecamatan Tenaya Raya di tempat yang berbeda, dan kelurahan Okura satu ekor sapi," paparnya.

Dari 29 ekor sapi itu juga, menurutnya ada yang dipotong di masing-masing OPD yang ikut dalam peserta kurban.

"Selain disini, pemotongan juga ada dilakukan oleh masing-masing OPD yang ikut kurban, seperti kemarin Disdik sudah memotong 9 ekor sapi, dan juga Bapenda," paparnya.

Selanjutnya, untuk pembagian hewan kurban ini, Pemko juga membagikan 1600 kupon untuk pegawai Pemko Pekanbaru dan peserta kurban.

"Kita kepada ASN Pemko golongan I, golongan ll, Pegawai THL, dan seluruh pasukan kuning," pungkasnya.***