JAKARTA - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry Kono meminta Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U-23 Indonesia tidak gentar menghadapi laga perdana melawan Vietnam. Bahkan, ia berharap pasukan Garuda Muda tak terpengaruh dengan tekanan pendukung tuan rumah.

Timnas U-23 Indonesia dijadwalkan bertemu Vietnam pada laga perdana babak penyisihan Grup A di Stadion Viet Tri di kota Phu Tho pada Jumat (06/05) pukul 19.00 waktu setempat. Tim CdM, kata Ferry, telah berkoordinasi dengan KBRI di Vietnam untuk membantu memobilisasi suporter WNI di sana.

“KBRI bersedia membantu, tetapi jumlah WNI di Ha Noi tak banyak. Kami mengharapkan setidaknya ada spot khusus suporter Tim Indonesia. Jumlah bukan ukuran, tetapi kehadiran penonton diharapkan bisa menyemangati pemain. Saya sendiri berharap, pemain tak gentar menghadapi tuan rumah,” kata Ferry, Kamis (05/05).

Ia berharap Saddil Ramdani dkk dapat menjaga mental dan tidak terpancing dengan tekanan penonton. “Secara teknis tentu pelatih yang lebih mengetahui strategi apa yang akan digunakan, tetapi pertandingan melawan Vietnam ini krusial. Kami akan berkomunikasi aktif dengan VIESGOC dan memastikan laga nanti dapat berjalan sesuai aturan dan menunjung tinggi fairness,” ujar Ferry.

Laga perdana Timnas U-23 Indonesia kontra Vietnam besok malam rencananya akan disaksikan langsung oleh Wakil CdM Tubagus Ade Lukman yang telah tiba di Vietnam, hari ini. Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) rencananya akan mengadakan nonton bareng (Nobar) di Posko Tim CdM, Lantai 16 Menara Olahraga Senayan.

“Kami akan mengadakan nobar dengan prokes ketat. Ini sebagai bentuk suport kami dari Tanah Air. Saya percaya semua masyarakat Indonesia, meski hanya menyaksikan langsung dari layar kaca tetapi dukungan dan hati mereka tetap untuk Garuda. Saya yakin itu akan menjadi motivasi mereka,” kata Ferry. ***