DURI - Sebanyak 181 peserta didik SMA Swasta Cendana Duri berkumpul di dalam hall sekolah untuk mengikuti Muhasabah hadapi Ujian Nasional yang kini sudah berbasis komputer (UNBK), Jumat (2/3/2018) pagi.

Dengan seragam melayu berwarna merah, peserta didik ini sangat antusias menerima materi muhasabah yang disampaikan oleh ustadz H Muhammad Sarman Mirja.

Bahkan dalam pembukaan muhasabah anak-anak sudah dibuat bersemangat oleh sang ustadz yang cukup kondang di kota Duri ini. Dimana kalimat pembukanya juga sudah berisi pesan motivasi.

Selanjutnya, Ustadz Sarman Mirja' juga menayangkan video perjalanan pendidikan anak-anak yang dimulai dari Sekolah Dasar hingga kelak menjadi orang yang berguna dengan segudang prestasi dan menjadi pemenang.

Terlihat juga Kepala SMA Cendana Duri Dra Wiselmi MPd, Wakil Kesiswaan Drs H Albohari, Wakil bidang Kurikulum serta sejumlah guru bidang study ikut mendampingi para siswa tersebut.

Kepala SMA Cendana Duri, Dra Wiselmi MPd menyebutkan 181 siswa kelas XII ini diantaranya 100 perempuan dan 81 laki-laki dengan jurusan IPA sebanyak 5 kelas dan IPS sebanyak 1 kelas.

"Kegiatan ini untuk merilekskan pikiran anak-anak kita yang akan mengikuti UNBK. Supaya tidak stres menghadapi ujian nasional ini. Ujian bukan suatu hal yang ditakuti, tapi harus dihadapi dengan tenang," kata Wiselmi.

Selain itu juga, sekolah sudah memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik untuk menghadapi ujian nasional ini. Dari bimbingan belajar itu juga dilanjutkan dengan tryout.

"Muhasabah yang kita lakukan ini juga bertujuan agar anak-anak tidak cemas dan stres menghadapi UN nanti. Jangan sampai anak-anak menganggap ujian itu berat dan susah," tutupnya. ***