NUSA DUA - Pebulutangkis tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung melaju ke babak 16 Besar Turnamen Bulutangkis Indonesia Open 2021. Gregoria  menyingkirkan wakil dari Thailand, Supanida Katethong pada pertandingan babak pertama.

Gregoria mencatat kemenangan 21-16, 21-15 dalam tempo 34 menit di lapangan Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Selasa (23/11/2021) siang. "Senang rasanya bisa menang, sebab di Indonesia Masters lalu saya kalah babak awal. Tadi bisa lebih tenang bermain," ujar Gregoria usai tanding.

Juara Kejuaraan Dunia Junior 2017 itu mengaku saat gim kedua kejuaraan berhadiah total 850 ribu dolar AS itu sempat tidak fokus. Pasalnya, dia ingin menyelesaikan permainan dengan cepat.

"Gim kedua saya sempat hilang fokus, karena mau buru-buru menyelesaikan pertandingan. Jadi penempatan bola tidak akurat," imbuhnya.

Kemenangan Gregoria atas Supanida adalah yang keempat dari lima pertemuan. Satu kemenangan dikemas Supanida saat bertemu di Thailand Open 2017.

Saat di Indonesia Masters pekan lalu, Gregoria terhenti di tangan unggulan kedelapan asal Jepang, Sayaka Takashi dalam tiga gim. Untuk tampil di Indonesia Open 2021, Gregoria sudah mempersiapkan diri terutama mental tanding.

"Karena saya sering kalah, mental tanding harus diperbaiki. Harus lebih berani dan hindari kesalahan sendiri," katanya.

Laga di babak kedua, Gregoria menunggu lawan dari pemenang antara unggulan kelima Thailand, Pornpawee Chochuwong dan Lianne Tan dari Belgia. Gregoria pernah mengalahkan Chochuwong di Indonesia Open 2019, tetapi dibalas saat bertemu di Piala Uber 2020.

"Kalau ketemu Pornpawee, harus bersiap banget. Dia punya variasi pukulan bagus," katanya. ***