PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau angkat bicara terkait musibah kebakaran yang terjadi di Gedung Farmasi, Indragiri Hulu. Pasalnya, Gedung berada persis di sebelah kantor KPU Indragiri Hulu.

Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto mengatakan, sekira pukul 20.00 WIB memang terjadi kebakaran di lokasi tersebut, namun kebakaran tidak sampai ke kantor KPU Inhu sehingga tidak merusak dokumen milik KPU.

"Alhamdulillah atas pertolongan Allah SWT, kantor KPU Indragiri Hulu terselamatkan, dan dokumen atau arsip KPU Inhu dalam kondisi aman terkendali. KPU Riau ikut prihatin atas musibah yang menimpa Gedung Farmasi Indragiri Hulu," kata Pria yang biasa disapa Nugie ini, Jumat (21/8/2020).

KPU Riau, lanjut Nugie, telah berkoordinasi aktif dengan KPU Inhu, Kepolisian dan pihak terkait atas musibah tersebut. Atas nama KPU, Nugie mengucapkan terimakasih kepada pihak yang terlibat dalam memadamkan api.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu mencegah dan memadamkan api sehingga titik api tidak menjalar ke kantor KPU Indragiri Hulu. Terkhusus kepada Tim Pemadam kebakaran Pemkab Indragiri Hulu, Polres Indragiri Hulu, warga, pihak yang ikut membantu," ucapnya.

Nugie juga mengapresiasi Ketua dan anggota Badam Pengawas Pemilu (Bawaslu) Inhu yang ikut serta membantu bersama seluruh anggota dan sekretariat KPU Inhu yang berjibaku membantu proses penanganan kebakaran tersebut. 

Dengan begitu, Nugie memastikan proses Pilkada Inhu tetap berjalan dengan normal, di antaranya yang terdekat adalah agenda Pleno hasil verifikasi faktual perbaikan bakal calon perseorangan di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu tahun 2020 yang dilaksanakan pada 21 Agustus 2020.

"Terkait agenda tersebut, kepada pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut dapat berkoordinasi dengan KPU Indragiri Hulu. Kami memohon doa dan dukungan semua pihak, agar KPU Riau, KPU Inhu, dan KPU Kab / Kota lain di Provinsi Riau dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik," jelasnya.

Lebih jauh, Nugie meminta Ketua, Anggora, Sekretaris dan seluruh staff KPU Inhu untuk tetap semangat, bekerja dengan penuh dedikasi, dan selalu berkoordinasi jika ada yang perlu di koordinasikan.

"Teriring doa kepada semua sobat pemilih agar kita semua terhindar dari musibah dan selalu dalam perlindungan Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa," tutupnya. ***