PEKANBARU -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah mentransfer bantuan keuangan (Bankeu) pendidikan untuk gaji guru bantu SD/SMP di Kabupaten Pelalawan.

Tak hanya Pelalawan, Bankeu guru bantu untuk dua kabupaten lainnya Rokan Hulu dan Bengkalis juga sudah ditransfer.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra SE mengatakan, bankeu gaji guru bantu ditransfer sesuai dengan usulan kabupaten.

Rincian gaji guru bantu yang sudah transfer di tiga kabupaten tersebut diantaranya adalah Rokan Hulu Rp2,280 miliar untuk 380 orang guru bantu. Kemudian Bengkalis Rp1,734 miliar untuk 289 orang, dan Pelalawan Rp1,410 miliar untuk 235 orang.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, bankeu gaji guru bantu SD/SMP di tiga daerah itu karena usulan yang masuk sudah lengkap, sehingga berkas bisa diproses untuk pencairan.

Selain tiga daerah itu, sebut Indra, ada tiga kabupaten yang mengusulkan namun belum bisa diproses. Ketiga daerah itu yakni Kabupaten Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir.

"Jadi berkas usulan bankeu gaji guru bantu mereka belum lengkap, sehingga belum bisa kita salurkan karena berkas belum lengkap. Intinya kalau usulan lengkap langsung kita proses pencairannya," kata Indra seraya menyebut untuk kabupaten/kota lainnya sampai saat ini belum ada mengusulkan bankeu guru bantu.

"Kita harap bisa secepatnya diusulkan, karena ini sangat ditunggu-tunggu guru bantu," katanya, Kamis (29/4/2021) kemarin.***