PEKANBARU - Usai menjadi narasumber Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangel (IMT-GT) ke 25 Ministerial Meeting and Related Meeting ke 16 di Krabi, Thailand, Kamis (12/9/2019). Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi, langsung bertolak ke Jakarta.

Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Syah Haroffie mengatakan, sebelum Gubernur Riau bertolak ke Pekanbaru, terlebih dahulu mengikuti Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Tingkat Menteri membahas Pengendalian Karhutla Tahun 2019 di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam).

Rakorsus ini pada Hari Jumat (13/9/2019) pukul 14.00 WIB, besok, dipimpin langsung Menko Polhukam RI, Wiranto. "Kita berharap ada jalan keluar untuk menanggulangi asap akibat karhutla yang terjadi di Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat," kata Ahmad Syah kepada GoRiau.com.

Usai rakorsus tingkat menteri tersebut, dijelaskan Ahmad Syah, Gubernur Riau langsung bertolak ke Pekanbaru. Setibanya di Pekanbaru, Syamsuar akan mengumpulkan seluruh bupati/walikota, forkopimda dan instansi terkait untuk melakukan aksi, agar asap tidak menyerang masyarakat.

"Satgas (satuan tugas) sudah berupaya melakukan pemadaman di Riau. Namun, karena angin mengarah ke Riau, asap akibat karhutla di provinsi tetangga mengarah ke Riau," ujar Syamsuar.

Rakorsus Tingkat Menteri di Kemenko Polhukam besok, akan dihadiri Panglima TNI, Kapolri, Menteri Luar Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Kepala BNPB, Kepala BMKG, Plt Sesmonko Polhukam, dan Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenko Polhukam.

Selain itu yang hadir, Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima, Gubernur Sumatera Selatan, Pangdam II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih, Gubernur Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung, Kapolda Kalteng, Gubernur Kalbar, Pangdam XII/Tanjungpura, dan Kapolda Kalbar. ***