PEKANBARU – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Backstagers Indonesia (DPP FBI), Sofyan Nasution resmi melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) FBI Riau di Hotel Royal Asnof Pekanbaru, Riau, pada Rabu (21/9/2022) sore.

Pelantikan para pengurus FBI Riau yang digawangi oleh Ardy Satya ini turut disaksikan oleh perwakilan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar yakni Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisa (Ekraf Dispar) Provinsi Riau, Amri Setiawan.

GoRiau Ketua DPD FBI Riau, Ardy Satya
Ketua DPD FBI Riau, Ardy Satya. (foto ratna sari dewi)

Dalam sambutannya, Ketua FBI Riau, Ardy Satya mengatakan bahwa Forum Backstagers merupakan mitra strategis pemerintah, khususnya di bidang ekonomi kreatif.

Menurutnya tidak dapat dipungkiri lagi, industri iven dan ekonomi kreatif saat ini sudah menjadi tulang punggung perekonomian suatu daerah, contohnya Iven Mandalika NTB.

''Untuk itu, perlu kerjasama yang baik antara pemerintah dengan sejumlah pihak, khususnya Forum Backstagers yang memang berkecimpung dalam industri iven dan ekraf. FBI Riau siap membantu pemerintah dalam membangun perekonomian melalui industri iven dan ekraf," kata Ardy.

Sementara itu, Ketua DPP FBI, Sofyan Nasution mengatakan bahwa FBI sebagai organisasi sudah terbentuk selama 2 tahun, yaitu terdiri dari 11 DPD dan 300 member. Dalam waktu dekat akan bertambah hingga 25 DPD.

Agar tetap eksis, Sofyan mengimbau agar member FBI terus berinovasi dan harus memiliki iven sendiri.

"Kalau anak FBI nggak memiliki iven sendiri, itu sama saja seperti nggak punya karya. Karena karya anak FBI ya iven," ungkap Sofyan.

Selain itu, FBI Riau juga diminta untuk merangkul mitra sebanyak -banyaknya, baik dari pemerintah, swasta, media, vendor dan stakeholder terkait juga.

"Meski bekerja di belakang layar, FBI harus menjadi mitra di depan," tegasnya.

Masih di tempat yang sama, Kabid Ekraf Dispar Riau, Amri Setiawan menyampaikan pemerintah sangat menyambut baik berbagai dukungan dan ide-ide cermelang dari mana saja, apa lagi jika hal itu dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Riau.

"Selain destinasi wisata, daya tarik wisatawan menuju ke suatu daerah adalah iven-iven. Selama ini kita sudah berkolaborasi dengan baik. Semoga dengan hubungan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan FBI Riau, diharapkan dapat menghasilkan banyak iven-iven berkualitas," kata Amri.

Untuk diketahui, pengurus inti DPD FBI Riau yang dilantik hari ini, diantaranya, Ketua DPD Ardy Satya M dari CV Dakatama Kreatif Sinergi, Wakil Ketua I M Rifqy Fahlevi dari CV Arsy Bakule Intelektual, Wakil Ketua II Ekasari Kurnia dari CV Esa Jaya Pratama Kreasindo, Sekretaris DPD Dina Syafitri dari CV Riau Radina Creative dan Bendahara DPD Tiganov Samani Arba dari PT. Sumatera Satu Media. ***