PEKANBARU- Enam unit rumah petak ludes dilahap si jago merah di Jalan Teluk Leyok, Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (29/8/2019).

Kasi Evakuasi dan Keselamatan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru, Ibas Sembiring, mengatakan pihaknya menerima laporan dari masyarakat sekitar pukul 11.00 siang dan langsung mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran (MPK) ke lokasi kebakaran.

"Setelah laporan masuk langsung kita kirim MPK untuk melakukan pemadaman di lokasi. Sebanyak enam rumah panggung yang terbuat dari kayu. Proses pemadaman hingga pendinginan satu jam tadi, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," kata Ibas kepada GoRiau.com, Kamis sore.

Selanjutnya, Ibas mengatakan hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Tapi Ia tetap mengimbau agar masyarakat selalu menyiapkan alat pemadam api ringan (Apar) di rumah untuk mengantisipasi api yang muncul di dalam rumah karena jika tidak ada penanganan awak api semakin membesar dan merembet kemana-mana.

"Untuk penyebab kita serahkan kepada pihak Polsek Rumbai Pesisir untuk melakukan penyelidikan. Selanjutnya, kepada masyarakat saya imbau agar menggunakan instalasi listrik yang SNI dan menyediakan Apar untuk berjaga-jaga dan langkah awal untuk memadamkan api. Jika terjadi kebakaran segera hubungi pemadam kebakaran atau pihak lain yang dapat segera membantu," ujar Ibas.

Lebih lanjut, Ibas kembali mengingatkan kepada masyarakat apabila terjadi musibah kebakaran agar tidak berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk menonton, karena dapat menggangu kinerja petugas dalam memadamkan api.

"Ya masyarakat diharapkan dapat membantu dengan cara tidak memadati lokasi kebakaran karena selain dapat membahayakan diri sendiri juga dapat mengganggu kerja petugas," tandas Ibas.***