TELUKKUANTAN - Jalur Siposan Rimbo Pemprov Riau gagal mempertahankan gelar juara nasional pada Festival Pacu Jalur (FPJ) tahun 2019 di Tepian Narosa Telukkuantan.

Ia ditumbangkan oleh jalur Limbago Sati Rantau Kuantan PTSP Naker Kuansing pada hari ketiga putaran kedua, Sabtu (24/8/2019) sore.

Kedua jalur berpacu pada hilir ke sembilang. Limbago Sati berada di jalan sebelah kiri dan Limbago berada di jalan sebelah kanan.

Perpacuan sengit terjadi diantara kedua jalur tersebut. Mereka berpacu untuk saling mendahului. Hingga 800 meter, Limbago Sati lebih dulu menembus garis finish.

Siposan Rimbo merupakan sang juara tiga tahun berturut-turut di Tepian Narosa Telukkuantan. Atas prestasi itu juga, jalur binaan Pemprov Riau berhak mendapatkan Piala Menteri Pariwisata.

Lombago Sati mulai menjadi momok bagi Siposan Rimbo saat musim pacu jalur bergulir. Dimulai dari Rayon I Tepian Lubuok Sobau KHS, Limbago mulai mengalahkan Siposan. Terakhir, hari ini di Tepian Narosa Telukkuantan.

Jalur binaan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja atau yang lebih dikenal PTSP Naker mulai melejit setelah 'operasi berat' ke Rengat.

Dari segi umur, Limbago memang lebih tua dari Siposan Rimbo. Limbago dibuat tahun 2000, sedangkan Siposan Rimbo pada tahun 2011.

Kendati demikian, prestasi Limbago Sati belum sebanding dengan Siposan Rimbo. Untuk pacu jalur iven nasional, Siposan Rimbo sudah mengoleksi empat bintang. Semoga ini tahunnya Limbago.***