PEKANBARU -- Dr. Suratmin, M.Ked. (Ped.) Sp.A, terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (Ikal FK USU) Medan cabang Provinsi Riau periode 2022 - 2027.

Suratmin terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang (Muscab) I Ikal FK USU Medan bertemakan ''Bersinergi Membangun Riau'' di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Sabtu (5/2/2022).

Dalam sambutannya setelah terpilih, Suratmin mengucapkan terima kasih kepada para alumni FK USU Medan di Riau yang telah mengamanahkan dirinya menahkodai Ikal FK USU Riau periode 2022.

''Terima kasih kepada para senior, teman-teman dan adik-adik yang telah memberikan kepercayaan kepada saya menjadi Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara cabang Riau,'' ujarnya.

Suratmin juga sangat bersyukur karena pada akhirnya Ikal FH USU Riau bisa terbentuk. ''Kita sebenarnya sudah lama berencana membentuk ikatan keluarga alumni Fakultas Kedokteran USU di Riau, alhamdulillah akhirnya hari ini bisa terwujudkan. Terima kasih atas dukungan para senior dan kawan-kawan semuanya,'' ucapnya.

GoRiau Para peserta foto bersama usai
Para peserta foto bersama usai Musyawarah Cabang (Muscab) I Ikal FK USU Medan. (istimewa)

Suratmin menambahkan, melalui Ikal FK USU Riau ini dirinya ingin menyatukan dan menyolidkan segenap alumni FK USU yang ada di Riau sehingga bisa berkontribusi lebih besar lagi terhadap masyarakat Riau, khususnya di bidang kesehatan.

''Dengan berhimpun dan solid tentunya kita bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyakat Riau di bidang kesehatan,'' kata dokter spesialis penyakit anak di RSUD Arifin Ahmad Riau ini.

Ditemui usai acara Muscab Ikal FH USU Medan Riau di Hotel Aryaduta, Suratmin menuturkan, program yang akan dijalankannya dalam waktu dekat ini adalah mendata para alumni FK USU yang ada di Provinsi Riau, agar semuanya nanti bisa bergabung ke dalam Ikal FK USU Riau.

''Pada tahap awal kita akan mendata para alumni FK USU yang berdomisili di Riau, yang kita perkirakan jumlahnya lumayan banyak,'' sebutnya.

Suratmin mengimbau semua alumni FK USU yang ada di Riau bersedia bergabung dengan Ikal FK USU Riau. Bagi mereka yang belum sempat terdata, diharapkan bersedia memberikan informasi ke pengurus Ikal FK USU Riau nantinya.

''Bagi kawan-kawan, para alumni FK USU Medan, yang belum terdata oleh kami, mohon kesediaannya mengingformasikan ke pengurus, agar bisa kita masukkan ke data,'' imbaunya.

Ditambahkannya, Ikal FK USU Riau akan bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda), terutama Pemerintah Provinsi Riau, dalam meningkatkan sistim pelayanan kesehatan serta meningkatkan teknologi peralatan kesehatan.

''Sehingga nantinya, warga Riau tidak perlu lagi berobat ke luar negeri. Sebab, sistim pelayanan dan peralatan medis yang mereka perlukan sudah tersedia di Riau,'' katanya.

''Dalam waktu dekat ini kita akan mencoba mengomunikasikannya dengan Gubernur Riau, Bapak Syamsuar, karena kebetulan beliau juga alumni USU Medan,'' tukuknya.

Dituturkan Suratmin, Ikal FK USU Riau nantinya juga akan intens menggelar kegiatan ilmiah dan sosial di bidang kesehatan. ''Kita akan rutin nanti menggelar kegiatan seminar tentang berbagai masalah di bidang kesehatan atau pengobatan. Narasumbernya anggota kita, kan banyak ahli dan spesialis ni. Bisa juga kita undang narasumber dari luar Ikal FK USU, bahkan dari luar Riau,'' ujarnya.

''Selain itu kita juga akan menggelar berbagai kegiatan sosial, seperti pengobatan massal gratis. Kegiatan sosial di bidang kesehatan ini bisa saja kita gelar bekerja dengan pihak Pemda atau pihak-pihak lainnya,'' tandasnya.***