SELATPANJANG - Kapal Ferry Dumai Line 1 kandas di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, pada Senin (11/1/2021) siang.

Kapal dari Batam tujuan Bengkalis - Dumai ini dilaporkan terjebak di perairan dangkal saat ingin merapat di dermaga, namun tiba-tiba angin yang bertiup kencang memukul kapal hingga ke pantai dan akhirnya kandas. Sekitar dua jam lamanya, kapal yang kandas tersebut belum juga berhasil digerakkan.

Petugas dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Kelas II Selatpanjang, Nawawi mengungkapkan bahwa seluruh penumpang termasuk awak kapal telah dievakuasi menggunakan Kempang dan untuk sementara dinaikkan ke pelabuhan menunggu kapal lainnya datang. 

"Kapal ini dari Batam dengan tujuan Bengkalis Dumai, namun ketika singgah di Selatpanjang kapal dihantam gelombang dan angin yang kencang sehingga kapal terpukul hingga ke pantai dan menyebabkan kandas. Saat ini seluruh penumpang yang berjumlah 70 orang lebih sudah kita turunkan ke pelabuhan menggunakan Kempang sambil menunggu kapal lainnya dari Tanjung Buton untuk mengantarkan mereka ke tempat tujuan," ujarnya.

GoRiau Penumpang kapal saat dievakuas
Penumpang kapal saat dievakuasi oleh petugas. (foto: istimewa).

Dari pemeriksaan sementara, tidak ditemukan kerusakan berarti pada kapal yang kandas. Namun, kapal tersebut belum bisa bergerak sehingga harus ditarik dan terpaksa menunggu air pasang laut naik. ***