JAKARTA - Nasib pelatih Timnas Indonesia diujung tanduk, pasca dipermalukan Thailand berakhir 0-3 pada pertandingan kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (10/09/19).

Timnas Indonesia vs Thailand berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pukul 18.30 WIB. Laga sempat berjalan alot sejak awal.

Thailand mencoba untuk membongkar pertahanan lawan dengan umpan-umpan pendek. Bahkan sesekali umpan terobosan mengarah ke sektor sayap.

Timnas Indonesia pun masih berusaha untuk keluar dari tekanan lawan dan membuat peluang matang tetapi tak berujung gol.

Saat babak kedua, Thailand mampu tampil begitu dominan. Mereka dengan mudah bisa melepaskan serangan yang mematikan ke lini belakang lawan.

Hal itu terbukti ketika Supachok Sarachat (55', 73') mencetak dua gol dan sebiji gol dari Theerathon Bunmathan (65'-P).

Dengan begitu Thailand sukses mendulang tiga angka penting. Sedangkan Timnas Indonesia semakin terpuruk karena sudah dua kali kalah.

Babak Pertama

Usai peluit panjang dibunyikan wasit Ma Ning, Thailand perlahan mencoba mendobrak pertahanan Timnas Indonesia dengan memainkan bola-bola pendek.

Serangan Thailand di awal-awal laga berfokus di sisi kiri. Hal tersebut membuat Yustinus Pae harus berjibaku untuk meredam upaya lawan.

Beberapa kali Supachok dan Panya mengancam pertahanan Timnas Indonesia. Namun masih bisa diamankan oleh bek-bek sayap Skuat Garuda.

Timnas Indonesia bukannya tanpa serangan. Peluang terjadi saat sepak pojok yang dilepaskan Andik mampu disambut oleh Hansamu tetapi bola masih melebar.

Pada menit ke-33, Irfan Bachdim sempat mendapatkan peluang matang berkat umpan Andik. Tetapi sepakannya begitu lemah dan bisa diamankan kiper lawan.

Hingga akhir pertandingan, permainan Timnas Indonesia belum bisa berjalan sesuai keinginan. Skor 0-0 pun menutup jalannya babak pertama.

Babak Kedua

Usai jeda istirahat, Timnas Indonesia sempat membuat peluang matang ketika menyerang dari sektor kanan. Lilipaly yang melakukan akselerasi melepaskan umpan matang.

Bola pun disambut oleh Beto Goncalves tetapi sayang, sepakannya masih lemah usai mendapat gangguan dari bek Thailand dan kiper lawan mampu mengamankan dengan mudah.

Thailand malah bisa mencetak gol lebih dulu pada menit ke-55 dimana Supachok Sarachat melepaskan tendangan jarak jauh dan tak bisa dihalau kiper Andritany.

10 menit berselang, Timnas Indonesia kembali kebobolan. Hal ini bermula ketika Andritany mengantisipasi serangan lawan dan sapuannya dianggap pelanggaran oleh wasit.

Theerathon Bunmathan yang menjadi algojo sukses melepaskan bola dengan sangat keras ke sudut kanan kiper Timnas Indonesia. Skor menjadi 0-2.

Bahkan Thailand kembali dengan mudah menjebol gawang Andritany lewat sepakan Supachok Sarachat pada menit ke-72. Timnas Indonesia pun makin sulit menyamakan kedudukan.

10 menit akhir babak kedua, permainan Timnas Indonesia masih tak kunjung membaik. Bahkan Thailand dengan mudah menyerang lini belakang anak asuh Simon McMenemy.

Sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada gol tambahan. Timnas Indonesia pun kembali kandas di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Yustinus Pae, Yanto Basna, Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi; Evan Dimas, Manahati Lestusen; Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah; Beto Goncalves.

Thailand (4-2-3-1): Siwarak Tedsungnoen; Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Manuel Tom Bihr, Tristan Do; Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin; Supachok Sarachat, Phitiwat Sookjitthammakul, Ekanit Panya; Supachai Jaided.***