PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti akan menerima penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program "Ketuk Pintu Layani dengan Hati" dinilai sukses meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Meranti dan selaras dengan upaya meningkatkan Universal High Coverage (UHC) BPJS Kesehatan.

Penghargaan dalam bentuk piagam diberikan langsung Kepala BPJS Cabang Dumai yang membawahi Kepulauan Meranti, drg Herie Wibhawa kepada Bupati Adil, penghargaan diserahkan di sela acara rapat koordinasi percepatan UHC antara BPJS Kesehatan dan Pemkab Kepulauan Meranti di Hotel Pangeran, Rabu (9/6/2021).

"Kepesertaan BPJS Kesehatan di Meranti sangat baik. Sudah mencapai 80,78 persen. Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kepulauan Meranti terlebih dengan dilaksanakannya 'Program Ketuk Pintu Layani dengan Hati' yang sangat mendukung dan dapat diintegrasikan dengan program JKN-KIS," ungkap Herie.

Sementara itu Bupati Adil mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan BPJS selaku lembaga resmi pemerintah yang melayani bidang jaminan kesehatan masyarakat. Menurutnya, sesuai undang-undang jaminan kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang menjadi hak masyarakat. Pemkab Kepulauan Meranti terus berupaya melakukan terobosan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat tersebut.

"Program Ketuk Pintu Layani dengan Hati ini salah satu terobosan untuk meningkat pelayanan publik kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan. Kami berharap sinergi dengan BPJS ini semakin ditingkatkan dan kita berupaya agar Meranti dapat mengejar tingkat kepesertaan BPJS yang mencapai cakupan universal atau UHC," papar Bupati Adil.

Adapun tingkat cakupan universal tersebut adalah 95 persen dari jumlah penduduk. Baik bupati maupun Kepala BPJS Cabang Dumai berkeyakinan Meranti bisa mencapainya karena dengan program 'Ketuk Pintu Layani dengan Hati' itu, tingkat pelayanan kesehatan untuk masyarakat dapat digesa dengan cepat.***