BAGANSIAPIAPI – Ribuan warga, official dan peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XL Tingkat Provinsi Riau meramaikan pawai ta'aruf tanda dimulai MTQ Riau tahun 2022 di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu (24/7/2022).

Peserta pawai ta'aruf berasal dari 12 kabupaten/kota se-Riau, mereka menampilkan ciri khas dan keunggulan daerah masing-masing. Tak hanya itu, ribuan warga tumpah ruah menyaksikan penampilan 12 kafilah MTQ kabupaten/kota. Apalagi setelah 2 tahun event keagamaan itu sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

GoRiau

Pawai ta'aruf dilepas langsung oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong. Orang nomor satu di Riau itu menyambut dengan riang dari panggung mimbar kehormatan di lokasi pelaksanaan MTQ Riau sambil sesekali melambaikan tangan kepada para peserta pawai.

Gubri mengatakan, bahwa pawai ta’aruf merupakan tradisi masyarakat dalam menyambut pelaksanaan MTQ setiap tahunnya, dan sudah menjadi agenda rutin dilaksanakan.

GoRiau

"Kita baru saja melepas peserta pawai ta'aruf, tentu kita berharap MTQ tahun ini berjalan lancar dan sukses," katanya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa pawai taaruf merupakan rangkaian MTQ ke-40 tahun 2022. Dimana, pelaksanaan taaruf yang sering dimaknai sebagai ajang silaturahmi antara kafilah dan merupakan syiar islam.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh kontingen yang telah hadir dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi.

"Kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja keras dalam menyiapkan dan mensukseskan perhelatan MTQ ini tentunya kami ucapkan terimakasih," sebut Bupati.

Untuk diketahui, MTQ XL Provinsi Riau dimulai 24 Juli 2022 hingga 31 Juli 2022 mendatang. Dengan diikuti 583 orang peserta yang berasal dari 12 kabupaten/kota di Riau.

Adapun rincian peserta tersebut berasal dari Kabupaten Bengkalis sebanyak 50 orang, Indragiri Hilir 52 orang, Indragiri Hulu 52 orang, Kampar 53 orang, Kepulauan Meranti 14 orang, Kuantan Singingi 52 orang.

Kemudian, Kabupaten Pelalawan 52 orang, Rokan Hilir 55 orang, Rokan Hulu 53 orang, Siak 53 orang, Dumai 44 orang, dan kota Pekanbaru 53 orang. ***