SELATPANJANG - Pelabuhan Bongkar Muat Barang di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau mengalami kerusakan setelah dihantam kapal tongkang atau ponton, Minggu (25/7/2021) sekira pukul 9.30 Wib. Kejadian tersebut juga mengakibatkan kerusakan pada pelabuhan dan kapal yang ada di sekitar

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, melalui Kapolsek Merbau, Iptu Sahrudin Pangaribuan SH, Minggu (15/7/2021).

GoRiau Kondisi Pelabuhan Teluk Belitu
Kondisi Pelabuhan Teluk Belitung pasca ditabrak ponton, Minggu (25/7/2021).

Dijelaskannya, Kapal Tugboat TB Keladi dan Ponton BG Bukit Mandiri yang dinakhodai oleh kapten Kapal bernama Simon Sulle berangkat dari Pelabuhan Pedas dan akan menuju Tanjung Balai Karimun, usai membongkar tanah urug untuk material proyek PT APS yang saat ini sedang mengerjakan proyek jalan menuju tempat pengeboran minyak.

Namun pada saat melewati perairan Teluk Belitung, nakhoda kapal menyandarkan tugboat di pelabuhan bongkar muat barang Kelurahan Teluk Belitung untuk mengambil Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari Syahbandar Teluk Belitung.

"Selanjutnya pada saat kapal sandar di ujung pelabuhan, Ponton BG Bukit Mandiri yang berada di belakang tugboat semakin mendekat dan mengakibatkan bagian pintu Ponton menabrak pelabuhan beserta barang-barang sembako yang sedang dibongkar di atas pelabuhan tersebut, akibatnya seluruh barang jatuh ke laut," ungkap Pangaribuan.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, namun kerugian materil diperkirakan mencapai Rp110.000.000 juta.

Pihak kepolisian juga telah melakukan sejumlah tindakan diantaranya pengecekan TKP, mencatat saksi-saksi, memasang garis polisi dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan mengamankan barang bukti.

"Saat ini menunggu tim dari Syahbandar untuk melakukan pengecekan lebih lanjut," pungkas Pangaribuan.***