PEKANBARU - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melihat secara langsung potensi industri hilir di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Senin (4/3/2019), dan menyerahkan sertifikat tanah gratis dari pemerintah didampingi Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution.

Kunjungan Menko Luhut ke negeri hamparan kelapa dunia dalam rangka membangun industri kelapa terpadu dan berkelanjutan serta penyerahan sertifikat tanah untuk Kabupaten Inhil.

Terkait dengan potensi kelapa yang dimiliki Kabupaten Inhil sebagaimana yang disampaikan Bupati Inhil Wardan, Menko Luhut berjanji akan memperhatikan industri hilirnya. Karena banyak potensi yang bisa dikembangkan dari industri kelapa di Inhil ini.

"Kebutuhan kelapa sangat besar secara nasional dan luar negeri. Banyak turunan kelapa yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari batang, daun dan airnya. Hal ini akan saya sampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo untuk menjadi perhatian," kata Menteri Luhut kepada GoRiau.com.

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Luhut juga menyerahkan sertifikat tanah gratis. Sertifitak ini dikatakannya merupakan komitmen pemerintah Joko Widodo (Jokowi) untuk legalitas tanah masyarakat. Sehingga tanah masyarakat memiliki kekuatan hukum yang jelas.

"Sudah hampir 9 juta sertifikat tanagbgratis sudah diserahkan kepada masyarakat, kebijakan ini baru ada di periode Presiden RI Pak Jokowi. Kami berharap sertifikat bisa bermanfaat bagi masyarakat Inhil," ungkap Menteri Luhut.

Acara yang di pusatkan di Lapangan Gajahmada Tembilahan ini, dihadiri Bupati Indragiri Hilir M Wardan, Wakil Bupati Inhil Samsuddin Uti dan Forkopimda Inhil dan ribuan peserta penerima sertifikat tanah.

Usai menyerahkan sertifikat tanah Menteri Luhut bersama Wagubri Edy Nasution langsung bertolak ke Pekanbaru. Kunjungan ke Inhil merupakan lawatan terakhir Menteri Luhut dalam menyerahkan sertifikat tanah di Riau, setelah sebelumnya menyerahkan sertifikat di Kabupaten Kuansing. ***