PEKANBARU - Seekor bayi Gajah Sumatera, berjenis kelamin betina dan sehat baru saja lahir di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Provinsi Riau. Bayi tersebut lahir dari induknya yang bernama Nia, seekor Gajah yang dievakuasi oleh BBKSDA dari perangkap jerat, di Desa Tapung, Kabupaten Kampar, pada 14 Juli 2006 lalu.

"Puji syukur patut kita panjatkan atas lahirnya kembali seekor anak Gajah Sumatera di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Riau, pada Jumat, 18 September 2020 kemarin, sekitar pukul 03.00 wib dini hari. Beratnya sekitar 81 Kg dan baik bayi maupun induknya dalam keadaan sehat," ujar Kepala BBKSDA Riau Suharyono, Minggu (20/9/2020).

Suharyono mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kabar gembira ini kepada Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar melalui Direktur Jenderal KSDAE Wiratno. Bahkan, beliau telah memberikan nama Rizky kepada bayi Gajah tersebut yang bermakna rezeki alam, lingkungan hidup, dan bagi populasi (Gajah, red) yang berada di wilayah Sumatera ini. 

"Bayi Gajah diberi nama Rizky, sebagai simbol rejeki. Kita berharap agar ke depannya, Gajah Sumatera dapat bertambah populasinya baik yang berada di PLG, maupun yang ada di alam liar," paparnya.

Ia menjelaskan, kelahiran Rizky merupakan kelahiran anak Gajah yang kedua kalinya di tahun 2020. Sebelumnya seekor anak Gajah jantan di TWA Buluh Cina telah lahir dari induknya yang bernama Ngatini dan pejantannya Robin, pada Jumat, 3 Juli 2020, dan diberi nama Damar. ***