BANGKINANG - Bupati Kampar, Azis Zaenal berharap kepada para pemuda mempunyai semangat baru yang kokoh dengan jati kepribadiannya.

Harapan ini disampaikan oleh Bupati Kampar saat mengikuti peringati Hari Pahlawan yang berlansung di Lapangan Pelajar Bangkinang, Sabtu (10/11/2018) siang.

"Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara. Namun syarat dengan makna, bukan hanya sebagai prosesi, namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam mengimplementasikan nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting, karena negeri ini butuh pemuda yang kokoh dengan jati dirinya," kata Bupati Azis.

Lebih lanjut bupati, diperingatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentranspormasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

"Keberanian melawan penjajah oleh para pahlawan kita yang telah gugur menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mengusir musuh kemiskinan. Selain itu juga mentranspormasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi menjadi inspirasi rakyat indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia," ujarnya.

Bupati Kampar juga menyampaikan bahwa di setiap zaman ada pahlawannya, dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya.

"Terkait hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru, sosok baru yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini sesuai dengan tema ''Hari Pahlawan tahun 2018 'Semangat pahlawan di dadaku," sebutnya.

Ia menambahkan dengan melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini, pria berkaca mata ini mengajak untuk selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. "Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya akan memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara," pintanya kepada pemuda, khususnya pemuda di Kabupaten Kampar.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2018, kibarkan terus semangat pahlawan di dada. Torehkan prestasi yang membawa nama bangsa Indonesia. Dan jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita," tutupnya.

Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ini, rombongan Bupati Kampar melakukan tabur bunga di Makam Pahlawan Kusuma Eka Bhakti Bangkinang. ***