TELUKKUANTAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau optimis meraih enam kursi DPRD Kuansing pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024, meski daerah pemilihan (dapil) sudah berubah.

"Dari awal target kita enam kursi. Dengan adanya perubahan dapil ini, kita optimis akan semakin mudah dalam mewujudkannya," ujar H Halim, Ketua DPC PDIP Kuansing, Kamis (9/2/2023) di Telukkuantan.

Halim merinci peluang kursi yang ditargetkan. Khusus untuk dapil 1 targetnya tetap dua kursi. Sedangkan empat dapil lainnya masing-masing satu kursi.

Dengan perubahan dapil ini, Halim menilai akan berdampak ke semua partai politik. Apalagi, parpol yang menargetkan enam kursi pada Pemilu mendatang.

"Tapi, bagi PDIP tak ada masalah. Apapun keputusan pusat, kami siap," tegas Halim.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menetapkan dapil dan alokasi kursi untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Untuk Kuansing terjadi perubahan dapil, dari empat menjadi lima.

Adapun dapil yang ditetapkan KPU RI untuk Kuansing yakni, dapil 1 Kuantan Tengah dan Sentajo Raya dengan alokasi 9 kursi, dapil 2 Benai, Pangean dan Logas Tanah Darat dengan alokasi 6 kursi, dapil 3 Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti dengan 6 kursi.

Kemudian, dapil 4 Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, Gunungtoar dan Pucukrantau dengan jumlah 6 kursi. Terakhir dapil 5 Singingi dan Singingi Hilir dengan 8 kursi.***