PEKANBARU - Tindakan preventif untuk mencegah penyebaran virus corona yang mewabah di Kota Wuhan, China, ke Provinsi Riau, mulai dilakukan oleh Otoritas Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan mulai mengaktifkan thermal scanner.

Di mana, thermal scanner yang merupakan alat pemindai untuk memindai suhu tubuh penumpang yang terindikasi virus corona ini telah dipasang di area kedatangan penumpang internasional.

"Thermal scanner di terminal kedatangan dari luar negeri sudah diaktifkan. Ini sebagai bentuk deteksi dini dan pencegahan terhadap penyebaran virus (corona, red) tersebut," kata Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara SSK II, Albert Jenson di Pekanbaru, Jumat (24/1/2020).

Kendati demikian, ia memastikan sejauh ini pihaknya belum ada menemukan penumpang dari luar negeri yang mengidap suspect virus corona.

"Belum ada penumpang yang suspect virus corona. Yang mana, ciri-ciri suspect virus corona ini kan seperti demam, batuk disertai sesak nafas," ujarnya. ***