PEKANBARU - Salah satu bentuk program kerja yang dilakukan tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Universitas Riau (Unri) adalah penyemprotan cairan disinfektan ke area-area umum di lingkungan sekitar kecamatan Bathin Solapan.

Tim Kukerta Relawan Unri yang terdiri dari sembilan anggota diketuai oleh Mhd. Choidir, dan Anita Pratiwi, lisa Indah Ramadayanti, Diah Fitriani, Dicky Kurnia, Linda, Thasya Nurfadillah, Wiranda Putra Mar'an, Tabah Anugrah Rahayu sebagai anggota dari Tim tersebut.

Penyemprotan pada tanggal 18 Juni 2020 dilakukan di beberapa rumah ibadah, sekolah, kantor kelembagaan, dan area umum lainnya.

Hal ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa Kukerta Relawan Unri atas musibah yang tengah menyerang dunia yaitu Covid-19. Virus ini sendiri dapat dicegah dengan beberapa langkah sederhana salah satunya dengan penyemprotan cairan disinfektan ke permukaan benda-benda yang ada di sekitar.

GoRiau

Dalam kegiatan ini Tim Kukerta Relawan Unri melakukan kegiatan penyemprotan pada rumah ibadah masjid dan gereja yang ada di Desa Boncah Mahang.

Pada rumah ibadah yang ada sangat perlu dilakukan penyemprotan dikarenakan tempat ini banyaknya orang-orang yang melakukan kewajiban yang berasal dari warga lokal maupun warga di luar daerah.

Untuk kegiatan selanjutnya Tim Kukerta Relawan Unri melakukan penyemprotan di beberapa sekolah yang ada di Jalan Sakobotik KM 16 Desa Boncah Mahang. Penyemprotan dimulai dari jenjang sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Harapan, dilanjutkan dengan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 88 Bathin Solapan, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bathin Solapan.

Pada tanggal 9 Juli 2020, Tim Kukerta Relawan Unri melakukan penyemprotan di salah satu kantor kelembagaan Desa Sebangar tepatnya di bagian aula kantor Desa Sebangar yang sebelumnya digunakan pihak kesehatan Desa Sebangar untuk dilakukan rapd test yang diperuntukan oleh warga desa setempat.

"Kami berupaya melakukan kegiatan penyemprotan ini guna mencegah adanya virus yang ada, dan kami berharap masyarakat juga lebih peka terhadap masalah kesehatan ini. Kesehatan adalah milik kita, hak kita, dan tanggung jawab kita," ungkap Ketua Tim Kukerta Relawan Unri.(rls)