PEKANBARU- Seorang nelayan bernama Muhammad Arfan (55) dinyatakan hilang saat mencari ikan di Sungai Teluk Medan, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Kepala Basarnas Pekanbaru, Amiruddin melalui Humasnya, Kukuh Widodo mengatakan, hilangnya Arfan diketahui pada hari Kamis (19/12/2019) pagi, sekitar pukul 8.30 WIB. Saat itu, seorang warga bernama Suratman, pergi mengantarkan temannya ke seberang sungai menggunakan sampan.

"Saat ini kondisi sungai tengah pasang, atau sedang tinggi, saksi ini saat mengantar temannya di tengah dan saat perjalanan pulang,saksi melihat sampan yang biasa digunakan korban untuk mencari ikan hanyut tanpa ada korban diatasnya. Lalu saksi membawa sampan korban ke pinggir sungai lalu mengikatnya," kata Kukuh kepada GoRiau.com, Kamis siang.

Selanjutnya kata Kukuh, masyarakat sekitar sempat melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian, dengan cara menyisiri pinggiran sungai dan memasang jaring dengan tujuan apabila korban terbawa arus dapat nyangkut di jaring yang dipasang masyarakat itu.

"Namun usaha masyarakat itu belum membuahkan hasil, sehingga pada pukul 12.10 WIB masyarakat dan instansi terkait melaporkan ke Kantor Basarnas Pekanbaru untuk melakukan pencarian korban," lanjutnya.

Kemudian Basarnas Pekanbaru mengirimkan Tim Rescue Pos SAR Tembilahan dipimpin oleh Koordinator Pos Rio Putra bergerak kelokasi kejadian  menggunakan RIB (Rigid inflatable boat) dengan peralatan lengkap, dengan estimasi satu jam perjalanan untuk melakukan pencarian. ***