PEKANBARU - Dinas Sosial (Dissos) Kota Pekanbaru akhirnya mengamankan seorang gelandangan dan pengemis (Gepeng) dengan modus pura-pura lumpuh. Aksi Gepeng ini sebelumnya sempat viral di media sosial, seperti akun @pkuline dan @viralpekanbaru, dimana pengemia ini biasa berada di sekitar Pasar Rumbai, Jalan khayangan.

"Gepeng berinisial AJ ini kita bawa ke Kantor Dissos Pekanbaru. Kemudian akan assesment terlebih dahulu untuk mengetahui motif dan latar belakang yang dilakukan pengemis ini," ujar Kepala Dissos Kota Pekanbaru, Idrus, Kamis (17/2/2022).

Idrus menjelaskan, Gepeng ini tidak memiliki kartu identitas. Ia mengaku bahwa aksinya ini diakomodir oleh oknum yang disebut ayah angkatnya.

"Dia menyetor uang kepada oknum itu," jelasnya.

Menurutnya, Dissos akan melakukan pembinaan kepada Gepeng yang dimaksud. Dinsos juga akan berupaya untuk melakukan pembinaan kepada keluarga Gepeng agar aksi itu tidak kembali diulang.

"Akan kita bina dan kita peringatkan agar tidak mengulangi perbuatannya itu lagi. Kita juga akan mengimbau kepada oknum-oknum yang memanfaatkan orang yang berkekurangan seperti ini," pungkasnya. ***