SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi Rayan Pribadi SH menanggung kebutuhan keluarga pasien positif Corona atau Covid-19 yang saat sedang menjalani karantina dan diisolasi di RSUD Kepulauan Meranti.

Rayan mengungkapkan, pihaknya membiayai kebutuhan pokok bagi keluarga yang kepala keluarganya dinyatakan suspect atau positif Corona dan harus diisolasi atau keluarga yang diisolasi dan kondisinya benar-benar tidak mampu sehingga layak diberikan bantuan.

Diceritakan, adapun kondisi dua keluarga yang dibantu tersebut dimana satu keluarga ada ibu yang diisolasi. Sementara tiga kondisi dari anaknya tersebut masih butuh perhatian, pasalnya satu orang diantaranya masih bayi berumur 1,8 tahun dan ayah dari ketiga anak tersebut tidak diketahui dimana rimbanya dan sudah bercerai dengan ibu mereka.

Sementara satu keluarga lainnya hampir mengalami cerita yang sama, dimana dalam anggota keluarga tersebut ada tiga orang yang diisolasi. Diantaranya, kepala keluarga, istrinya dan mertuanya, dan yang tinggal di rumah hanya dua anaknya.

"Terhadap keluarga yang diisolasi tersebut kita berinisiatif untuk membantu. Selain karena ekonomi yang tidak mampu mereka juga bermohon agar ketika mereka menjalani masa karantina, mereka juga bermohon minta ada jaminan terhadap anak mereka yang ditinggalkan," kata Rayan.

Dalam menyalurkan bantuan, Rayan mengungkapkan jika pihaknya tidak memiliki dan penganggaran terhadap hal itu, namun melibatkan para pengusaha untuk turut membantu.

Menurut Rayan, pihaknya berusaha melahirkan spirit penyelesaian masalah lewat partisipasi warga. Misalnya, warga diminta bergotong royong menyiapkan kebutuhan makanan dan obat-obatan bagi yang memerlukan. Prinsip partisipasi masyarakat sudah diterapkan Rayan sejak menjabat. Warga diminta berinisiatif memberikan dukungan ketika diperlukan untuk membantu orang-orang kurang mampu.

"Dalam membantu warga yang kurang mampu seperti ini, kami pihak kecamatan memang tidak ada anggaran namun ini lebih kepada menggunakan uang dari saku pribadi dan meminta partisipasi kepada para donatur dalam hal ini para pengusaha di Kota Selatpanjang dan OPD terkait. Saya mengambil inisiatif bahwa partisipasi warga harus ditangkap menjadi langkah yang lebih efektif," ujar  Rayan.

Adapun bantuan yang disalurkan kepada keluarga tersebut berupa 10 Kg Beras, telur dua papan, mie instan 1 kardus, Ikan Sarden 5 kaleng, Susu 1 kaleng, tempe dan tahu 1 kilo, minyak goreng 2 liter, vitamin bayi 1 botol, susu bayi 1 kotak, kacang hijau 1/2 kilo, popok 1 pack, snack dan perlengkapan mandi.

"Saya antar langsung kepada warga yang membutuhkan tersebut. Terhadap bahan tersebut ada warga setempat yang menawarkan bantuan untuk memasaknya bagi anak-anak di rumah tersebut. Seminggu sekali kita upayakan untuk mengantar bantuan ini melihat berapa lama orang tua mereka diisolasi," pungkas Rayan.***