PEKANBARU - Bus vaksinasi Covid-19 keliling tidak beroperasi dan terparkir di RSD Madani, Kamis (25/11/2021). Hal ini dikarenakan tidak adanya permintaan vaksinasi dari kecamatan.

Koordinator Bus Vaksinasi Covid-19 Kota Pekanbaru, Khairunnas mengatakan, pengoperasian bus memang bergantung pada permintaan warga atau instansi yang ingin melakukan vaksinasi. Dimana kuota vaksin disesuaikan dengan ketersediaan dan permintaan.

"Bus tetap jalan, tapi hari ini off karena tidak ada permintaan vaksinasi. Kalau kemarin ada di kecamatan tenayan dan bukit raya yang minta divaksinasi kita kasih," ujarnya.

Menurutnya, jika dioperasikan ke masing-masing kecamatan, namun tidak ada yang ingin divaksinasi akan sia-sia. Saat ini ada sekitar 10 bus vaksinasi yang siap melayani warga, tidak hanya lansia tetapi juga masyarakat umum.

"Kalau kita langsung ke camat, tapi tidak ada yang mau divaksin, kan sia-sia juga. Jadi kita suruh data dulu dari RT/RW, lurah, kalau ada yang vaksin sekitar 100 atau 75 orang, baru kita kirim bus nya," jelasnya. ***