SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH berharap program 'Ketuk Pintu Layani Dengan Hati' dapat dijalankan dengan serius sehingga benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Jangan sampai ada warga yang sakit kita tidak tahu, dan tidak terlayani dengan baik," ucap Bupati Adil didampingi Ketua PKK, Rinarni Muhammad Adil saat menghadiri pembukaan pelaksanaan program 'Ketuk Pintu Layani Dengan Hati' di UPT Puskesmas Selatpanjang, kegiatan pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat itu dipusatkan di Posyandu Jelutung, Kelurahan Selatpanjang Kota, Sabtu (10/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati Adil mengucapkan apresiasi kepada pihak Kecamatan Tebingtinggi yang telah menjalankan program 'Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati' salah satu program strategis Bupati untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat disegala sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan lainnya.

Bahkan Bupati Adil, meminta kepada para insan kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas dapat mengobati pasien di rumah jika memang tidak memungkinkan dibawa ke rumah sakit.

"Jika warga sakit tidak bisa datang ke rumah sakit maka kita datangi rumahnya untuk diobati," ujar Bupati Adil.

Dan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Meranti khususnya warga kurang mampu yang tidak terdaftar di BPJS, tetap bisa berobat gratis di Rumah Sakit maupun Puskesmas, jika sebelumnya diminta mengurus SKTM kini cukup hanya dengan menunjukan KTP saja.

"Kedepan jika tidak ada BPJS masyarakat kurang mampu cukup berobat dengan menunjukan KTP, tidak pakai SKTM lagi," jelasnya.

Karena seperti ditegaskan Bupati Adil, dirinya tidak ingin lagi mendengar ada masyarakat yang sakit Pemerintah tidak tahu dan ada yang ingin berobat tidak mendapat pelayanan.

Sementara itu, Plt Camat Tebingtinggi, Hery Kurniawan, mengungkapkan bahwa Kecamatan Tebingtinggi khususnya UPT Puskesmas siap melaksanakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati H Muhammad Adil-H Asmar yakni program 'Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati'.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mensukseskan program ini diakui Camat adalah dengan mengaktifkan kembali seluruh posyandu yang ada di wilayah Tebingtinggi yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada ibu hamil/menyusui serta pemberian gizi yang cukup kepada balita, dengan begitu kondisi kesehatan ibu dan anak dapat terpantau dengan baik yang otomatis dapat menekan angka balita stunting di Kepulauan Meranti.

Selain itu melalui program 'Ketuk Pintu Layani Dengan Hati' ini, pihak UPT Puskesmas Selatpanjang akan melakukan pendataan kondisi kesehatan masyarakat yang ada di wilayahnya dengan cara mendatangi rumah-rumah warga untuk wawancara sekaligus pemeriksaan kesehatan (tensi, cek gula darah, kolesterol) untuk mengetahui kondisi pasien sehingga penanganan penyakit dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.***