SELATPANJANG - Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, H. Rosdaner S.Pd, M.Pd, membuka secara resmi kegiatan manasik haji mandiri, dalam kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi (JCH) Kepulauan Meranti tentang tata cara ibadah haji itu, atas nama Pemkab Meranti, H. Rosdaner mendoakan seluruh JCH dapat berangkat ke tanah suci Makkah, bertempat di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Jumat (6/12/2019).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kepulauan Meranti, H. Hasbullah, Pengurus Perserikatan Haji Indonesia Meranti, H. Karim Zaidi, Pengurus Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, serta seratusan JCH peserta pelatihan.

Pada kesempatan itu, Asisten III Setdakab Meranti, menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan manasik haji yang ditaja oleh Pengurus Perserikatan Haji Indonesia Kepulauan Meranti, menurutnya kegiatan itu sangat penting dan bermanfaat untuk memberikan ilmu dan pengetahuan bagi JCH Meranti.

"Dengan pelatihan ini tentunya akan menambah pengalaman dan ilmu jamaah calon haji sebagai bekal melaksanakan ibadah haji nanti," ujar H. Rosdaner.

Tak lupa sosok birokrat yang sudah malang melintang sebagai guru ini mengajak seluruh jamaah calon haji Meranti untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, mulai dari nikmat hidup, nikmat rezeki hingga nikmat kesempatan.

"Bagi sesiapa yang selalu mensyukuri nikmat Allah niscaya Allah akan memberikan kenikmatan yang berlipat," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, berdasarkan pengalaman saat menjalankan ibadah haji beberapa tahun lalu, Asisten III Setda Meranti, mengingatkan kepada seluruh JCH yang sudah terdaftar di tahun 2020 ini, untuk selalu berbuat baik dan meningkatkan silaturahmi dengan begitu akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam menunaikan ibadah haji. Sebab menjalankan ibadah haji merupakan panggilan Allah karena itu tak ada jaminan bagi yang berusia muda bisa berangkat dengan sehat begitu juga sebaliknya.

"Mari berbuat baik dan perbanyak silahturahmi mudah-mudahan jika perbuatan dan perkataan kita baik Insha Allah dapat menjalani ibadah dengan aman dan lancar," imbuhnya.

Dan kepada jamaah haji khususnya yang berusia muda demi keamanan dan kelancaran saat menjalankan ibadah haji nanti diharapkan untuk saling menjaga dan mengawasi yang muda melihat yang tua dan bersedia membantu jika tejadi sesuatu.

Terakhir, ia mengajak kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan manasik haji ini dengan baik agar apa yang diharapkan yakni ibadah haji aman dan lancar dapat terwujud.

Sementara itu, Kasi penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Meranti, H Hasbullah, menjelaskan kegiatan pelatihan manasik haji ini akan digelar terus pada hari Sabtu dan Minggu hingga Januari 2020 mendatang kegiatan akan disponsori oleh Kemenag dan Pemkab Meranti.

"Pelatihannya akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu hingga pada bulan Januari 2020 mendatang," ungkapnya. (rls)