PEKANBARU – Seekor buaya dilaporkan telah memangsa seekor sapi milik warga yang ditambatkan di pinggiran kanal SP4, Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Senin (10/10/2022). Buaya tersebut sampai saat ini masih berada di kanal tersebut sehingga warga diminta menghindari kanal.

"Lokasi sekitar situ memang habitatnya (buaya). Sehingga kita minta warga berhati-hati dalam beraktivitas di daerah tersebut. Termasuk jangan mengikat ternak di pinggiran kanal," ujar Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan, Jumat (14/10/2022) sore.

Ia menjelaskan, BBKSDA sudah berkoordinasi dengan DPKP Inhil terkait laporan tersebut. Menurutnya, pihak DPKP Inhil sudah melakukan mitigasi dan upaya penangkapan sejak 11 Oktober lalu hingga hari ini.

"Tetapi penangkapan belum berhasil dan kita masih melakukan penelusuran," jelasnya.

Adapun lokasi kanal tersebut disinyalir merupakan habitat buaya muara. Lokasi itu merupakan areal perusahaan yang membudidayakan kelapa dan nanas. Karena kawasan gambut, banyak kanal-kanal yang dibuat untuk pengairan.

Sebelumnya, Seekor buaya yang terlihat berukuran besar terekam dalam video seorang warga sedang berenang di Kanal di KM 4, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Rekaman video itu diposting oleh @ayah.hanan pada Sabtu (8/10/2022) lalu.

Tampak dalam video, buaya tersebut berenang di tengah kanal yang berair gambut. Keterangan video, di sekitar kanal terdapat pemukiman warga sehingga diharapkan BBKSDA Riau dapat segera mengambil tindakan. ***