TELUKKUANTAN – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menggelar forum bisnis sekaligus rapat kerja cabang, Senin (26/9/2022) siang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris BPD HIPMI Riau, Auni Abduh dan disaksikan oleh Asisten II Setdakab Kuansing, Maisir yang mewakili Plt Bupati Kuansing. Kemudian, juga hadir Plt Kepala Diskopdagrin Kuansing, Azhar serta mantan Ketua BPC HIPMI Kuansing, Imrialis. Hadir juga BEM Uniks dan beberapa pelaku UMKM.

Rendy Ananda Filta, ketua pelaksana, menyampaikan kegiatan ini sangat penting guna merumuskan program kerja HIPMI ke depan. Kemudian, anggota HIPMI Kuansing perlu mendapatkan penyegaran, sehingga dilaksanakan forum bisnis ini.

"Karena itu, kita sengaja mengundang BRK Syariah untuk memaparkan bagaimana mendapatkan KUR. KUR ini sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha baik mikro maupun makro," ujar Rendy.

Senada dengan itu, Ifos Alva Rianda, Ketua BPC HIPMI Kuansing, menyatakan pengusaha muda siap berkolaborasi dengan pemerintah dalam memajukan UMKM di Kuansing. Karena itu, tema sentral dalam forum bisnis adalah 'kolaborasi generasi muda dalam pengembangan perekonomian UMKM di Kuansing'.

"Kuansing punya potensi yang besar, hanya saja belum maksimal. Banyak peluang yang dimiliki generasi muda, hanya saja peluang ini tidak dimaksimalkan. Seperti pacu jalur, kami mendorong agar pelaku UMKM menangkap peluang ini dalam pengembangan usahanya," ujar Ifos bersama Sekretaris BPC HIPMI Kuansing, M Albar Rasyid.

Dikatakan Ifos, forum bisnis merupakan wadah pembinaan yang dilakukan HIPMI Kuansing terhadap pengusaha muda, terkhusus untuk anggotanya. HIPMI Kuansing berencana kontiniu melaksanakannya, agar semangat enterpreneur semakin menggelora.

"Dari forum-forum ini, akan tumbuh pengusaha-pengusaha muda. Jika pengusaha semakin banyak, otomatis perekonomian bergerak dan daerah akan berkembang," ujar Ifos.

Sementara itu, Asisten II Setdakab Kuansing, Ir. Maisir mengapresiasi pelaksanaan forum bisnis dan Rakercab HIPMI Kuansing. Ia menilai, HIPMI Kuansing sebagai wadah yang tepat dalam memajukan UMKM Kuansing.

"Kita tahu, jebolan HIPMI ini banyak yang sukses. Tokoh-tokoh nasional saat ini, seperti Sandiaga Uno, dulu mereka berproses di HIPMI. Hendaknya ini juga menular di Kuansing. Kader-kader HIPMI inilah nantinya yang akan menjadi pemimpin di Kuansing," tutur Maisir.

Mengenai program pembinaan UMKM, Maisir menyatakan hampir setiap tahun ada anggarannya. Ia menyambut baik, jika HIPMI Kuansing berkolaborasi dalam pembinaan UMKM.

"Ini yang ditunggu-tunggu, kita bergandengan tangan dalam memajukan daerah. Mudah-mudahan, HIPMI semakin jaya dan ekonomi bangkit pasca pandemi," tutup Maisir.***