PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru mengakui APBD Kota tidak mencukupi untuk membangun Pasar Cik Puan yang diperkirakan membutuhkan biaya senilai Rp 80 miliar. Oleh karena itu, Pemko berharap bantuan APBN dapat mendukung pembangunan salah satu pasar tradisional terbesar di Pekanbaru itu.

"Kalau dari APBD tidak mampu (bangun Pasar Cik Puan, red). Tapi kami coba minta bantuan dari APBN melalui Kementerian Perdagangan. Pembangunan pasar ini bisa mencapai Rp80 miliar," ujarnya Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun saat mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau harga bahan pokok di Pasar Cik Puan, Senin (26/9/2022).

Rencana pembangunan pasar ini sudah berlangsung setidaknya sejak 10 tahun lalu. Sejak Wali Kota Pekanbaru periode sebelumnya, pembangunan pasar ini sudah diusahakan agar dapat dibangun dengan swastanisasi.

Kala itu, Pemko Pekanbaru juga mengaku tak sanggup menganggarkan APBD untuk pembangunan Cik Puan. Swastanisasi merupakan jalan satu-satunya yang dianggap menjadi solusi dan memberikan keuntungan baik bagi masyarakat, pedagang, pengelola maupun pemerintah.

Hingga saat ini, pembangunan Pasar Cik Puan belum selesai. Meskipun pasar itu sudah ramai pedagang. ***