PEKANBARU - Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Senin (26/8/2019) pukul 07.00 WIB, jarak pandang di Kota Pekanbaru 1 kilometer (km) berkabut. Sedangkan kualitas udara di Pekanbaru pukul 06.00 WIB pada level 125,31 ugram/m3 (sedang).

"Penurunan jarak pandang pagi ini di Pekanbaru disebabkan udara kabur, asap dan embun," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sukisno kepada GoRiau.com.

Cuaca pagi ini cerah berawan, dikatakan Sukisno, berpotensi terjadinya penurunan jarak pandang yang disebabkan partikel kering, seperti haze (udara kabur) dan asap. Untuk potensi hujan ringan hingga sedang disebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kuantan Singingi.

"Siang nanti cuaca diperkirakan cerah berawan, dengan potensi hujan intensitas ringan bersifat lokal di sebagian Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai dan Indragiri Hilir," ujar Sukisno.

Sedangkan pada sore hingga malam hari nanti cuaca berawan. Potemsi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan tidak merata terjadi dihampir sebagian besar wilayah Riau.

Berdasarkan pantauan satelit terra dan aqua, terpantau 41 hotspot di Riau, diantaranya Bengkalis 14 hotspot, Pelalawan 10 hotspot, Rokan Hilir 2 hotspot, Indragiri Hilir 13 hotspot dan Indragiri Hulu 2 hotspot. ***