PADANG - Sebanyak 160 peserta akan mengikuti kejuaraan surfing yang digelar Dinas Pariwisata Kota Padang bekerja sama dengan Komunitas Selancar Sumatera Barat (KSSB).

Dikutip dari Kompas.com, kejuaraan yang digelar di Ujung Batu, Pasie Nan Tigo, Padang, 23 - 24 Maret 2019 ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 25 juta.

"Kejuaraan ini diikuti oleh board riders se-Sumatera Barat. Ada tiga kelas yang akan dipertandingkan. Kelas open 64 peserta, kelas di bawah usia 16 tahun 80 peserta dan kelas women 16 peserta," ujar Ketua KSSB Harry Algamar, Kamis (21/3/2019).

Pada kejuaraan ini terdapat 80 hit. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya jumlah peserta yang ikut.

"Kejuaraan ini berskala Sumbar. Pesertanya berasal dari kabupaten dan kota di Sumbar," ungkapnya.

Kejuaraan ini juga dijadikan sebagai ajang sosialisasi olahraga surfing kepada masyarakat Sumatera Barat. Selain itu, melalui kejuaraan ini diharapkan bisa mempromosikan pariwisata Kota Padang ke masyarakat luas.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Didi Aryadi mengatakan, kejuaraan surfing ini pertama kali digelar oleh Pemkot Padang. Kejuaraan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat dan pemerintahan Kota Padang.

"Kegiatan ini rencananya akan digelar setiap tahun. Kami berharap dengan adanya kejuaraan ini bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di sekitar kejuaraan," ujar Didi Aryadi. ***