TEBO - Tercatat 2200 peserta ambil bagian dalam kegiatan Gowes Nusantara 2019, salah satu program unggulan Kemenpora dibawah payung Ayo Olahraga yang bertagline Ayo Bergerak, Dimana Saja dan Kapan Saja, di Kabupaten Tebo, Jambi, Minggu (13/10/2019).

Gubernur Jambi, Fachrori Umar tak ketinggalan berbaur dengan masyarakatnya untuk mengayuh sepeda sepanjang 10 Km yang mengambil start dan finish di Stadion Sport Center Kabupaten Tebo, Jambi, dengan rute melintasi Masjid Agung, Simpang tujuh, melintasi Taman Tanggo Rajo, Makam Sultan Taha dan balik kembali ke stadion.

“Kami senang melihat antusias warga dari mulai anak-anak, pemuda, pemudi hingga orang tua mengikuti Gowes Nusantara ini. Kami harapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan masyarakat Jambi dan khususnya Kabupaten Tebo,” ujar Gubernur Jambi Fachrori Umar usai melepas ribuan peserta Gowes Nusantara 2019.

Tak hanya diikuti oleh orang nomor satu di Jambi, acara tersebut pun dihadiri Bupati Tebo Sukandar, Wakil Bupati Sahlan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Mardiansyah dan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Edi Nurindra dan Kepala Bidang Olahraga Masal dan Kesehatan Kemenpora dr. I Nyoman Winata.

“Gowes tahun ini yang bertepatan dengan HUT Kabupaten Tebo lebih meriah. Pesertanya juga lebih banyak dan mereka antusias mengikuti olahraga sepeda kali ini,” tutur Mardiyansah.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Edi Nurindra di hadapan peserta Gowes Nusantara mengatakan bahwa dalam berolahraga bukan hanya gowes, masyarakat bisa bergerak di mana saja dan kapan saja secara dan kontinyu. Karena itu, dalam seminggu dapat meluangkan waktu berolahraga. "Karena olahraga merupakan bagian dari gaya hidup dan kita harus sehat,” kata Edi Nurindra.

Lebih lanjut dia menambahkan, dengan menggelorakan masyarakat berolahraga diharapkan lahirnya bibit olahraga yang berprestasi di tingkat nasional. “Peringkat yang baik di Asian Games patut kita pertahankan. Diharapkan juga prestasi membanggakan di SEA Games Manila. Kami berharap ada putra-putri dari Jambi di SEA Games,” paparnya.***